Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 11:25 WIB

10 Kemudahan Menggunakan WhatsApp Commerce


 10 Kemudahan Menggunakan WhatsApp Commerce Perbesar

Pelanggan setia lahir dari konsistensi. Untuk menciptakan hubungan yang hebat, penting untuk menilai dan menganalisis perjalanan dari sudut pandang pelanggan. Cara ini akan memungkinkan perusahaan untuk memberikan nilai yang konsisten yang mendorong kesetiaan pelanggan.

 

Apa itu WhatsApp Commerce?

WhatsApp commerce adalah model bisnis baru di mana bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan dan menawarkan produk dan atau layanan menggunakan WhatsApp sebagai saluran utama. Whatsapp for Business API memungkinkan perusahaan untuk membuat template dan mengirim pemberitahuan, pesan promosi WhatsApp, dan peringatan kepada pelanggannya.

Penggunaan aplikasi pesan WhatsApp sebagai platform e-commerce memungkinkan bisnis untuk berinteraksi, memasarkan produk, dan menjual secara langsung kepada pelanggan melalui aplikasi tersebut. Berbicara soal WhatsApp Commerce, WhatsApp bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai saluran penjualan yang efektif. WhatsApp Commerce memungkinkan perusahaan untuk menampilkan katalog produk, menerima pesanan, memberikan informasi produk, dan menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time. Dengan adanya fitur seperti pesan templated, pembayaran dalam aplikasi, dan integrasi dengan layanan logistik, WhatsApp Commerce membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan bagi bisnis.

 

Cara menggunakan WhatsApp Commerce

Untuk memulai menggunakan WhatsApp Commerce untuk berbisnis, langkah pertama adalah mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari App Store atau Google Play Store. Sedangkan untuk mendaftar dan menggunakan WhatsApp Business API, Anda memerlukan solusi penyedia atau pihak ketiga yang merupakan partner resmi WhatsApp Business API. WhatsApp telah menetapkan persyaratan dan proses yang ketat untuk memastikan penggunaan aplikasi ini hanya tersedia melalui penyedia resmi yang telah ditinjau dan disetujui. 

Pastikan anda memilih Mimin untuk menjadi partner resmi WhatsApp Business API Anda, karena Mimin akan membantu dalam proses pendaftaran, integrasi, pengaturan, dan dukungan teknis yang diperlukan. Mimin memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk menghubungkan bisnis Anda dengan API WhatsApp Business, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan WhatsApp, dan menyediakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

10 Kemudahan menggunakan WhatsApp Commerce yang dapat dieksplorasi:

  • Komunikasi Langsung

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan Anda secara real time. Anda dapat memberikan informasi produk, menjawab pertanyaan, dan memberikan dukungan pelanggan secara cepat dan efektif.

  • Notifikasi Order

Anda dapat mengirim notifikasi kepada pelanggan mengenai status order mereka, pengiriman, dan pembaruan lainnya. Ini membantu menjaga pelanggan tetap terinformasi tentang perkembangan order mereka.

 

  1. Katalog Produk

Dengan menggunakan fitur katalog WhatsApp, Anda dapat membuat daftar lengkap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pelanggan dapat menjelajahi katalog tersebut, melihat gambar, deskripsi, dan harga produk.

  • Pemesanan Mudah

Pelanggan dapat memesan produk langsung melalui WhatsApp. Ini menghilangkan hambatan yang mungkin terjadi saat mereka harus mengunjungi situs web atau toko fisik.

  • Pembayaran Digital

WhatsApp Commerce memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran secara digital langsung melalui platform tersebut atau menggunakan payment gateway yang sudah terintegrasi sebelumnya di WhatsApp for Business API Anda. Cara ini mempermudah proses pembayaran dan mengurangi kerumitan saat bertransaksi.

 

  1. Automasi Pesan

Dengan menggunakan pesan otomatis atau chatbot, Anda dapat memberikan respons cepat kepada pelanggan bahkan di luar jam kerja. Anda dapat mengatur pesan sambutan, balasan otomatis, dan lebih banyak lagi.

  • Segmentasi Pelanggan

Anda dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan preferensi, pembelian sebelumnya, atau demografi, sehingga Anda dapat mengirim pesan yang lebih relevan dan dapat disesuaikan.

 

  1. Analisis Kinerja

Beberapa solusi WhatsApp Commerce menyediakan data analitis yang membantu Anda memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda di platform tersebut. Ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik dalam strategi bisnis.

 

  1. Kepercayaan Pelanggan

Penggunaan WhatsApp sebagai platform bisnis dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, karena mereka sudah akrab dengan platform ini dan mungkin merasa lebih nyaman untuk bertransaksi di dalamnya. Pastikan juga akun WhatsApp anda sudah terverifikasi centang hijau untuk menambah kepercayaan dan reputasi Anda di mata pelanggan.

  • Fleksibilitas

WhatsApp Commerce memungkinkan bisnis dari berbagai ukuran dan industri untuk berpartisipasi. Dari UMKM hingga perusahaan besar, semua dapat memanfaatkan platform ini sesuai kebutuhan mereka.

 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan WhatsApp Commerce juga memerlukan manajemen yang baik. Anda harus memastikan respons cepat terhadap pelanggan, memelihara katalog produk yang mutakhir, dan menjaga interaksi tetap profesional.

Ingatlah juga untuk mematuhi pedoman privasi dan regulasi yang berlaku, serta mempertimbangkan preferensi pelanggan terkait komunikasi dan pemberitahuan.

WhatsApp tidak lagi hanya saluran dukungan tetapi juga menjadi saluran dukungan dan perdagangan. WhatsApp commerce telah menjadi cara baru dalam berbisnis. Mulai dari melakukan pemesanan dan memproses transaksi hingga menawarkan dukungan pasca penjualan, WhatsApp telah menjadi teman terbaik untuk semua kebutuhan bisnis Anda. Siap untuk merevolusi pengalaman pelanggan Anda dengan WhatsApp? Jadwalkan demo hari ini!

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

PT. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis