Apakah Anda masih mengandalkan email untuk berhubungan dengan pelanggan Anda? Email memiliki tingkat pembukaan sekitar 20%, sedangkan WhatsApp memiliki tingkat pembukaan sebesar 99%. Sudah saatnya Anda beralih ke notifikasi WhatsApp.
WhatsApp memiliki tingkat pengiriman yang tinggi dan cepat serta mudah untuk diatur. Pada awalnya, WhatsApp membantu mempromosikan produk atau kebutuhan pemasaran dengan fitur broadcast. Namun seiring berkembangnya waktu, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business API untuk mengakomodir kebutuhan pebisnis. Di mana dalam fitur ini Anda tidak hanya fokus pada broadcast pesan promosi saja, namun juga membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan.
Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam segala hal yang perlu Anda ketahui tentang notifikasi WhatsApp.
Apa Itu Notifikasi WhatsApp?
Notifikasi WhatsApp adalah fitur bisnis yang memungkinkan Anda mengirim pesan promosi melalui WhatsApp. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengirimkan notifikasi sesuai dengan pedoman WhatsApp. Anda dapat mengirimkan template pesan yang telah disetujui sebelumnya untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Apa Itu Template Pesan WhatsApp?
Template pesan WhatsApp dapat didefinisikan sebagai template pesan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat dikirimkan oleh Anda kepada pelanggan yang telah setuju untuk menerimanya. Saat ini, WhatsApp menawarkan 250 template yang berbeda. WhatsApp akan meninjau template yang diajukan oleh pebisnis dalam waktu 24 hingga 48 jam dan menyetujui template tersebut. Anda dapat mengirimkan notifikasi kepada pelanggan setelah template tersebut disetujui oleh pihak WhatsApp.
Aturan Notifikasi WhatsApp
Setelah template pesan dibuat, berikut adalah beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh Anda:
Kepatuhan GDPR
GDPR adalah singkatan dari General Data Protection Regulation, yaitu sebuah aturan tentang kegiatan online yang bertujuan melindungi pengguna. GDPR bersifat mengikat dan harus dipatuhi oleh semua penyedia layanan online. WhatsApp memberikan prioritas kepada penggunanya dan merupakan platform yang berorientasi pada pelanggan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat mengirimkan notifikasi tanpa persetujuan pengguna. Persetujuan ini dapat dikumpulkan dengan berbagai cara. Untuk mengetahui GDPR dari WhatsApp Anda dapat klik tautannya disini.
Konten Terlarang
Setiap pesan template yang mengandung hal-hal berikut akan ditolak oleh WhatsApp:
- Konten dewasa
- Produk alkohol, tembakau, obat-obatan, atau terkait Perjudian
- Kesehatan hewan dan penjualan hewan
- Senjata pertahanan, amunisi, bahan peledak, atau produk terkait
Jenis Konten
Anda dapat mengirimkan notifikasi WhatsApp seperti laporan proses order, pengiriman barang, detail produk, dan sejenisnya. Secara khusus, Anda dapat mengirimkan 11 jenis pesan transaksional kepada pengguna WhatsApp. Ini meliputi:
- Account update
- Alert update
- Appointment update
- Auto reply
- Issue resolution
- Payment update
- Personal finance update
- Reservation update
- Shipping update
- Ticket update
- Transportation update
Namun, fitur terbaru memungkinkan Anda mengirimkan pesan promosi melalui WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan bahkan setelah pembelian awal.
Pesan Media
Notifikasi WhatsApp mendukung pesan multimedia, yang berarti Anda dapat mengirimkan video, gambar, dan dokumen. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tombol balasan dinamis dan daftar pesan untuk mempermudah proses komunikasi.
Bagaimana Merancang Notifikasi WhatsApp Terbaik?
Diperlukan bagi Anda untuk membuat template yang harus disetujui sebelum dikirimkan kepada pelanggan. Berikut cara Anda dapat merancang notifikasi WhatsApp terbaik dalam setiap kategori untuk mendapatkan persetujuan template Anda:
Account update
Anda dapat mengirimkan notifikasi WhatsApp ketika ada pembaruan atau perubahan akun. Dalam kasus akses tidak sah atau pelanggaran keamanan, pengguna dapat mengambil tindakan secara real-time.
Alert update
Notifikasi ini digunakan untuk memberi tahu pelanggan tentang launching produk baru atau yang akan datang.
Payment Update
Pelanggan dapat menjelajahi Katalog WhatsApp untuk menambahkan produk ke keranjang mereka dan menyelesaikan pembelian. Anda dapat mengirimkan notifikasi setiap kali pelanggan menyelesaikan transaksi.
Appointment Update
WhatsApp Business API memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan dalam skala besar. Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk mengirimkan pengingat janji, konfirmasi pertemuan, dan lainnya.
Reservation Update
Anda dapat mengirimkan notifikasi yang memperbarui pelanggan dengan informasi reservasi yang relevan. Selain itu, mereka juga dapat mengirimkan pengingat 1 jam sebelum waktu reservasi mereka.
Auto Replies
Balasan otomatis WhatsApp memungkinkan Anda mengatur pesan ketika tidak aktif untuk menyapa pelanggan. Anda dapat menjawab pelanggan bahkan jika mereka tidak tersedia.
Shipping Update
Anda dapat memperbarui pelanggan dengan pembaruan pengiriman yang relevan dari pesanan online mereka.
Issue Resolution
Notifikasi ini dapat dikirimkan ketika masalah pelanggan telah terselesaikan. Ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki hubungan dengan pelanggan.
Finance Update
Anda dapat mengirimkan notifikasi WhatsApp yang memperbarui pelanggan tentang saldo saat ini, transaksi kredit dan debit, bunga yang masuk, dan lainnya.
Ticket Update
Anda dapat memberi tahu pelanggan tentang status pertanyaan yang diajukan.
Transportation Update
Anda dapat menggunakan notifikasi WhatsApp untuk memberi tahu pelanggan tentang jadwal penerbangan, check-in hotel, dan lainnya.
Notifikasi WhatsApp adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan kemampuan untuk menggunakan media dan pesan interaktif, WhatsApp memiliki potensi menjadi partner bisnis Anda untuk meningkatkan pendapatan. Apakah Anda siap untuk mulai menggunakan WhatsApp untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa? Hubungi kami sekarang disini.