Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 10:07 WIB

4 Alasan Mengapa B2B Membutuhkan Chat Commerce


 4 Alasan Mengapa B2B Membutuhkan Chat Commerce Perbesar

Sebelum hadirnya e-commerce dan pemasaran digital, hampir semua transaksi B2B(Business to Business) dan pengalaman transaksi pelanggan terjadi secara offline. Hubungan tatap muka terjalin, dan transaksi berlangsung dengan metode Cash On Delivery.

Meskipun jenis hubungan konvensional semacam ini masih ada, lebih banyak perusahaan yang mulai melirik solusi chat commerce untuk meningkatkan kemudahan dan transparansi dalam bertransaksi dengan bisnis skala besar.

Berikut adalah 5 alasan, atau tanda-tanda, bahwa bisnis Anda siap meluncurkan kemampuan platform chat commerce.

 

Pelanggan Saat Ini Melakukan Repeat Order

Dengan pelanggan B2B yang telah melakukan repeat order saat ini, Anda mungkin telah menjadi pemasok pilihan mereka. Sebagai pemasok pilihan, Anda telah memenangkan bisnis berulang dari mereka dan dapat mengandalkan penjualan mereka untuk menghasilkan pendapatan. Mengapa tidak membuatnya lebih mudah dan lebih baik bagi mereka untuk membeli dari Anda?

Dengan repeat order seperti ini, peluang bagi bisnis adalah untuk menyediakan layanan berlangganan berkelanjutan. Platform chat commerce memungkinkan pelanggan dapat melakukan repeat order secara otomatis, dengan begitu Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan dengan cepat, tanpa langkah tambahan untuk berhubungan dengan seorang customer service. Semua proses dapat dilakukan dengan otomatis dengan menghubungkan bisnis B2B Anda dengan platform yang dapat memberikan layanan chat commerce, seperti Mimin. Karena dengan menghubungkan website anda dengan layanan chat commerce membuat proses pemesanan dan pembayaran jadi lebih mudah. Ini menghemat waktu bagi Anda dan pelanggan Anda.

 

Pembeli B2B Ingin Membeli Secara Online

Ada kemungkinan besar bahwa pesaing terkuat Anda mungkin sudah menjual produknya secara online, dan jika Anda tidak melakukannya, peluangnya adalah Anda akan kalah bersaing. Berbeda dengan B2C (Business to Consumer) yang telah lebih awal menggunakan platform chat commerce, B2B belum terlalu memanfaatkan peluang platform chat commerce  secara maksimal. Dan seiring dengan semakin banyak “digital native” yang menjadi pelaku dari B2B di mana mereka membuat keputusan pembelian B2B, belanja online B2B akan menjadi lebih umum. Oleh karena itu, membangun platform chat commerce ke bisnis B2B Anda adalah cara yang tepat untuk mengantisipasi masa depan bisnis Anda.

 

Data Akan Membantu Anda Meraih Peluang Dan Penjualan

Ketika Anda terhubung dengan platform chat commerce B2B secara komprehensif, Anda memberikan pelanggan Anda cara yang lebih nyaman untuk mencari tahu dan bagaimana membeli produk. Sebagai imbalannya, Anda mendapatkan banyak data tentang preferensi mereka, jenis informasi apa yang mengarahkan mereka untuk membeli, dan lainnya. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk memandu strategi pemasaran Anda untuk bisnis baru, dan dapat membantu Anda menyempurnakan pengalaman pelanggan Anda sehingga Anda memenuhi kebutuhan pembeli B2B. 

Sebagai contoh, jika Anda melampirkan fitur analitik yang kuat di platform chat commerce B2B Anda, Anda dapat mengumpulkan data untuk membantu Anda memahami bagaimana perilaku pelanggan Anda secara online, dan mencatat apa kebutuhan mereka. Analitik dapat membantu Anda meningkatkan proses, interaksi, dan mengidentifikasi metrik kunci yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Loyalitas Pelanggan Menjadi Lebih Tinggi

Kemudahan dan kenyamanan dalam pembelian dari sudut pandang B2C – artinya, apa yang pelanggan harapkan dalam hal membeli di web – sekarang mempengaruhi B2B. Pelanggan menikmati kecepatan yang terjadi saat pelanggan membeli dan mengklik, dan produk dikirimkan langsung ke pelanggan. Melalui chat commerce, pelanggan dapat lebih dekat dan intim dengan perusahaan, yang akan menghasilkan ikatan emosional yang kuat antara pelanggan dan perusahaan. Pelanggan yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung menjadi pelanggan yang lebih setia. Tentunya dapat meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan dengan memberikan pengalaman yang memuaskan dan relevan.

Meskipun tidak semua model usaha B2B dapat menerapkan platform chat commerce secara maksimal, karena ada beberapa model bisnis B2B yang masih memerlukan kontak secara langsung mulai dari pemilihan produk, tahap negoisasi hingga terjadi proses transaksi namun, untuk usaha B2B yang dapat menjalankan aktifitas chat commerce dapat segera membangun dan mengembangkannya untuk pertumbuhan bisnis B2B Anda.

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

PT. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis