Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 11 Jul 2023 09:47 WIB

4 Tips Memanfaatkan Chatbot Menjadi Alat Pemasaran Terbaik Untuk Bisnis Anda


 4 Tips Memanfaatkan Chatbot Menjadi Alat Pemasaran Terbaik Untuk Bisnis Anda Perbesar

AQLNews.id – Jakarta, Chatbot adalah program komputer yang menggunakan kecerdasan buatan Artificial Intelligence  (AI) untuk menirukan percakapan manusia melalui teks atau suara. Chatbot dapat digunakan dalam berbagai platform seperti aplikasi pesan, situs web, atau aplikasi mobile untuk melakukan interaksi dengan pengguna.

Dengan kemampuan bahasa natural, chatbot dapat memberikan pengalaman yang mirip dengan berbicara dengan manusia atau customer service. Hal ini memungkinkan untuk memulai dan mengelola percakapan dengan pelanggan menjadi lebih efisien.

Selain itu, chatbot juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan pelanggan dan menjawab pertanyaan dengan cepat. Chatbot memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan bantuan atau informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu lama.

Meskipun ada banyak artikel yang mengajarkan cara membuat chatbot sendiri, mengetahui bagaimana memanfaatkannya dengan baik adalah poin nya. Kami akan memberikan tips kepada Anda tentang bagaimana memanfaatkan chatbot dalam strategi pemasaran Anda dan menjadikannya alat pemasaran terbaik, serta memaksimalkan dampak chatbot dalam bisnis Anda dengan keuntungan maksimal. Mari kita simak!

  •  Gunakan chatbot untuk mempersonalisasi kampanye pemasaran Anda

Penggunaan paling umum dari chatbot dalam bisnis adalah menjadi virtual asisten pemasaran terbaik yang siap 24 jam untuk brand Anda dan memperluas kampanye pemasaran Anda dengan respons personalisasi dan otomatisasi. Anda dapat dengan mudah mengatur respon standar untuk segera menjawab pelanggan 24 jam tanpa harus membuat pelanggan menunggu.

Untuk bermitra dengan kampanye pemasaran Anda (misalnya, launching produk, Direct Selling, promosi, dan kampanye penjualan), chatbot dapat diatur dengan baik dan memberikan rekomendasi personalisasi seperti menawarkan kode diskon kepada pelanggan secara otomatis untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian. Dialog otomatis memungkinkan berbagai percakapan yang lebih komprehensif terjadi secara bersamaan, tanpa peningkatan biaya yang signifikan. Respon yang tepat waktu dan personalisasi meningkatkan minat pelanggan dan membina loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya mengarah pada konversi penjualan yang lebih baik.

  •  Perluas chatbot ke saluran pesan instan untuk kepuasan pelanggan yang lebih baik

Selain mengimplementasikan chatbot di situs web Anda, membangun chatbot di saluran pesan instan (misalnya, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Messenger) dapat memperluas penggunaan chatbot dan memaksimalkan manfaatnya. Dengan adanya chatbot, para pelanggan menjadi terbantu saat membutuhkan informasi seputar produk atau brand, dan tidak perlu lagi menunggu antrian yang lama hanya untuk berbicara langsung dengan customer service manusia. Selain itu, kapan dan dari mana saja pelanggan membutuhkan informasi, maka pelanggan bisa melakukannya selama 24 jam nonstop.

  • Membuat survei untuk Customer Feedback dan kumpulkan data besar dari percakapan Pelanggan Anda

bisnis yang menghasilkan suatu produk atau layanan harus melakukan interaksi dua arah dengan pelanggannya. Bisnis Anda memberikan produk, kemudian pelanggan memberikan tanggapannya atas produk dan layanan yang diterima. Dengan demikian, hubungan yang tercipta menjadi sangat produktif dan saling menguntungkan. Chatbot  dapat diberikan format pertanyaan sederhana atau kompleks, yang diisi saat pelanggan ingin atau setelah mengajukan keluhan, tanggapan, dan sebagainya.

  • Pelayanan pelanggan yang terintegrasi dari chatbot ke customer service manusia

Chatbot dapat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan yang berulang dan langsung merespon pesan pelanggan melalui otomatisasi. Namun, ada situasi di mana chatbot tidak dapat menangani pertanyaan pelanggan. Dengan fitur live chat, chatbot dapat mengarahkan pertanyaan kepada tim customer service manusia secara otomatis. Mereka dapat bekerja sama sebagai layanan informasi kepada pelanggan mengenai kebutuhan produk/layanan yang dibutuhkan. Interaksi yang cepat ini akan membuat pelanggan lebih terhubung dengan perusahaan dan dapat membangun kepercayaan.

Mimin adalah platform yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.

Mimin menyediakan konsultasi gratis kepada perusahaan tentang cara membuat chatbot menjadi alat terbaik dalam pemasaran. Jadwalkan konsultasi gratis dengan Mimin sekarang dan kami akan senang membantu Anda mengotomatisasi percakapan dengan pelanggan!

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

Trending di Tekno & Sains