Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 20 Nov 2023 12:17 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience


 5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience Perbesar

Finpay Payment gateway merupakan solusi pembayaran otomatis untuk meningkatkan customer experience dengan penggunaan berbagai pilihan pembayaran online yang aman dan mudah digunakan, seperti pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, e-wallet dan metode pembayaran lainnya. Dengan menawarkan pilihan-pilihan ini, membuat transaksi menjadi lebih cepat dan sederhana, membantu pelanggan merasa lebih nyaman dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pendekatan ini meningkatkan pengalaman berbelanja, mengurangi jumlah keranjang yang ditinggalkan (abandoned), dan meningkatkan penjualan.

Memahami penyebab tingginya jumlah keranjang belanja yang ditinggalkan (Abandoned)

Untuk memecahkan masalah yang mungkin dihadapi oleh pelanggan Anda, penting untuk memeriksa alasan di balik tingginya jumlah keranjang belanja yang ditinggalkan. Jadi, mengapa pelanggan memulai proses check out untuk pemesanan online tetapi keluar dari proses sebelum menyelesaikan pembelian? Berikut beberapa alasan yang sering disebutkan:

  1. Metode pembayaran pilihan tidak tersedia
  2. Lupa kata sandi
  3. Memerlukan registrasi situs yang rumit
  4. Dialihkan ke situs web pihak ketiga
  5. Pembayaran mobile tidak responsif
  6. Kurangnya kepercayaan dalam keamanan pembayaran

Anda harus menyelesaikan masalah-masalah ini dalam proses pembayaran Anda untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Memilih jenis metode pembayaran yang tepat

Apa yang terjadi jika sebuah situs belanja e-commerce hanya menerima satu jenis pembayaran saja, metode transfer ke hanya satu bank saja misalnya, yang mana pelanggan tidak memiliki rekening dari bank tersebut? pelanggan kemungkinan tidak akan menyelesaikan pembelian. Jika Anda ingin memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik, Anda perlu menawarkan berbagai jenis metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan Anda.

Misalnya, selain transfer bank, ada baiknya Anda juga menyediakan pembayaran dengan cara yang lain seperti, e-wallet, QRIS, atau virtual account. Dengan cara ini pelanggan Anda memiliki banyak pilihan channel pembayaran.

Anda juga bisa mengajukan survei singkat kepada pelanggan untuk mengetahui metode pembayaran online yang lebih disukai. Hal ini dapat membantu Anda menyederhanakan dan menyusun solusi pembayaran Anda.

Bagaimana Payment Gateway  Mempengaruhi Customer Experience?

customer experience yang baik sangat penting dalam bisnis e-commerce, dan payment gateway adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan pengalaman yang terhubung dan aman bagi pelanggan.

Mengintegrasikan payment gateway ke dalam situs web e-commerce Anda adalah langkah penting untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Dengan demikian, Anda dapat membangun kepercayaan, meningkatkan retensi pelanggan, dan memperluas bisnis Anda melalui ulasan positif dan rekomendasi dari pelanggan yang puas terhadap layanan Anda.

Pelanggan mencari kemudahan penggunaan, keamanan, dan fleksibilitas saat membayar secara online. Mereka lebih suka jika situs belanja  e-commerce memungkinkan mereka membayar dengan mudah melalui berbagai saluran dan perangkat. Bagi pemrosesan pembayaran B2B, ini berarti menawarkan opsi pembayaran yang cepat, fleksibel, dan aman. Memiliki payment gateway yang tepat membantu penjual memproses pembayaran dengan lancar tanpa masalah biaya tambahan dan biaya tersembunyi.

Berikut adalah 5 manfaat payment gateway untuk meningkatkan customer experience:

  • Keamanan Transaksi: 

Payment gateway menyediakan tingkat keamanan yang tinggi untuk transaksi pembayaran. Ini mencakup enkripsi data sensitif, perlindungan terhadap penipuan, dan pemantauan transaksi yang mencurigakan. Pelanggan merasa lebih aman dan percaya saat berbelanja online karena informasi pembayaran mereka dilindungi dengan baik.

 

  • Kecepatan dan Kemudahan Pembayaran: 

Payment gateway memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan pembayaran dengan cepat dan mudah. Mereka dapat menggunakan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, debit, e-wallet, dan lainnya. Kecepatan dan kemudahan dapat mengurangi hambatan selama proses pembayaran dan meningkatkan efisiensi.

 

  • Pembayaran Otomatis: 

Payment gateway dapat melakukan pembayaran otomatis, yang berarti pembayaran dapat diproses segera setelah pelanggan menyelesaikan pembelian. Hal ini mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembayaran dan mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pemrosesan transaksi.

 

  • Integrasi dengan Sistem Bisnis: 

Payment gateway dapat diintegrasikan dengan sistem toko online. Hal ini memungkinkan pelacakan dan pelaporan yang lebih baik, yang dapat membantu bisnis dalam mengelola pembayaran, inventaris, dan analisis penjualan.

  • Laporan transaksi real time

Laporan real-time sangat penting untuk bisnis online, terutama yang mengandalkan penjualan online, karena memungkinkan pemantauan transaksi secara langsung dan pengambilan tindakan segera jika terjadi masalah. Laporan yang dapat di akses secara real time antara lain, konfirmasi transaksi, status pembayaran, rincian transaksi dan riwayat transaksi.

 

Dengan menggunakan payment gateway, Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih efisien selama proses pembayaran dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengurangi tingkat keranjang belanja yang ditinggalkan, dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Finpay Payment Gateway  menghadirkan pilihan Finpay Link, yaitu web link yang dibuat sistem Finpay untuk memfasilitasi transaksi pembayaran guna memudahkan bisnis atau individu melakukan pembayaran dari pelanggan tanpa memerlukan dedicated payment gateway integration atau physical point of sales terminal. cocok untuk pemilik usaha berbagai jenis, karena proses integrasi yang mudah tanpa memerlukan pemrograman. 

Cukup dengan mengakses Digital Touch Point https://hub.finpay.id/, Finpay Link memberikan kenyamanan, fleksibilitas dan aksesibilitas bagi mitra bisnis Finnet dari berbagai segmen industri. Anda dapat memulai bisnis dan menerima pembayaran dengan membuat tautan dan membagikan tautan ke pelanggan melalui email/whatsapp. Untuk Keamanannya Finpay Link sudah terjamin karena sudah dapat lisensi dari Bank Indonesia. 

Daftar sekarang untuk dapatkan pengalaman payment gateway terbaik untuk bisnis Anda!

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Trending di Bisnis