Menjual tiket event di 2025 membutuhkan strategi ticket management system yang lebih inovatif karena persaingan semakin ketat dan teknologi semakin berkembang. Berikut lima tips yang bisa membantu meningkatkan penjualan tiket event kamu:
- Gunakan AI dan Data Analytics untuk Targeting Iklan
Manfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan analitik data untuk memahami siapa calon pembeli tiketmu. Gunakan tools seperti Facebook Ads, Google Analytics, atau platform AI lainnya seperti Askara Live untuk menargetkan audiens berdasarkan minat, lokasi, dan kebiasaan mereka dalam membeli tiket.
- Buat Sistem Tiket Berjenjang (Tiered Pricing & Early Bird)
Terapkan strategi harga berjenjang, seperti:
- Early bird: Harga lebih murah untuk pembelian awal.
- Regular price: Harga standar saat event semakin dekat.
- Last-minute ticket: Harga lebih tinggi untuk pembelian mendekati hari H.
- VIP dan bundle package: Beri opsi tiket dengan fasilitas eksklusif untuk menarik lebih banyak pembeli.
- Optimalkan Penjualan Melalui Influencer & Komunitas
Kerjasama dengan influencer yang memiliki audiens relevan bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Selain itu, libatkan komunitas atau fanbase yang sesuai dengan event-mu untuk memasarkan tiket secara organik melalui media sosial dan event komunitas.
- Gunakan FOMO (Fear of Missing Out) & Limited-Time Offers
Manfaatkan psikologi urgensi dengan strategi seperti:
- Countdown timer: Buat hitungan mundur untuk promo tiket tertentu.
- Seat availability tracker: Tampilkan jumlah tiket yang tersisa.
- Exclusive perks: Beri keuntungan bagi pembeli pertama, seperti merchandise gratis atau akses eksklusif ke artis/speaker.
- Maksimalkan Penjualan Lewat Platform Digital & NFT Ticketing
Di 2025, NFT ticketing semakin populer karena lebih aman dari pemalsuan. Gunakan teknologi blockchain untuk tiket event yang bisa dijual kembali dengan sistem smart contract. Selain itu, distribusikan tiket di berbagai platform seperti website resmi, marketplace tiket, dan media sosial agar lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli.
Tentang Askara & Co
PT Askara Connecting Indonesia (Askara & Co) berawal dari perusahaan IT Solution dengan nama Askara Studio. Sebagai cikal bakal Askara & Co, Askara
Studio yang didirikan pada tahun 2017 telah memperluas usaha ke bisnis registrasi event digital untuk Meeting, Incentive, Convention and
Exhibition (MICE) dengan mendirikan Askara Live. Pada tahun 2024, manajemen membentuk PT Askara Connecting Indonesia sebagai
perusahan induk bagi perusahaan-perusahaan di atas sekaligus untuk mengkonsolidasi bisnis Perusahaan. Bisnis Perusahaan terus
berkembang dengan mendirikan entitas anak perusahaan yaitu Askara Tiket, Askara Guard, Askara Rent dan Askara Talent.