Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 23 Jul 2023 10:17 WIB

6 Keuntungan Menggunakan CRM Omni Channel


 6 Keuntungan Menggunakan CRM Omni Channel Perbesar

AQLNews.id – Jakarta, Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, para pemilik usaha perlu mencari strategi yang efektif untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu strategi yang semakin banyak dipilih adalah menggunakan CRM Omni Channel. Tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumen, tetapi juga menawarkan sejumlah keuntungan yang signifikan bagi bisnis tersebut. Mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai keunggulan menggunakan strategi ini!

  1. Retensi Konsumen yang Lebih Baik

Setiap konsumen pasti menginginkan pengalaman bertransaksi yang nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu, strategi CRM omni channel menjadi pilihan terbaik untuk menyediakan berbagai opsi bagi konsumen.

Berdasarkan penelitian, bisnis yang berhasil menerapkan pemasaran lintas saluran secara konsisten rata-rata mengalami peningkatan retensi konsumen hingga 13% per tahun.

  1. Peningkatan Pendapatan

Pendekatan pemasaran CRM omni channel mendorong konsumen untuk terhubung dengan bisnis melalui berbagai saluran. Hal ini meningkatkan keterlibatan konsumen pada banyak titik selama proses transaksi.

Tidak mengherankan jika strategi ini berkontribusi pada peningkatan pendapatan bisnis. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen yang terhubung melalui berbagai saluran memiliki nilai 30% lebih tinggi.

Metode ini memiliki potensi untuk mendorong konsumen untuk melakukan pembelian lebih banyak dari bisnis. Konsumen yang melakukan transaksi berulang memberikan kontribusi hingga 40% terhadap pendapatan bisnis, terlepas dari skala transaksi yang dilakukan.

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Strategi CRM omni channel tidak hanya berfokus pada pemilihan dan transaksi konsumen, tetapi juga pada pelayanan yang diberikan. Pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dan konsisten di berbagai saluran komunikasi yang mereka gunakan.

Berdasarkan penelitian, 64% konsumen menginginkan dukungan real-time, tanpa memandang saluran komunikasi yang mereka gunakan. Sementara itu, sekitar 75% konsumen cenderung mengunjungi kembali bisnis yang memberikan pelayanan yang baik.

  1. Efisiensi Operasional Bisnis

Dengan mengintegrasikan berbagai saluran bisnis, mulai dari gerai fisik hingga online, bisnis dapat menyediakan database konsumen yang komprehensif dan terpusat. Hal ini membuat bisnis lebih mudah diakses oleh konsumen.

Ketika bisnis dapat diakses melalui berbagai saluran, visibilitas produk dan promosi meningkat. Konsumen dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan melalui saluran online atau media sosial sebelum melakukan pembelian di gerai fisik.

  1. Pengumpulan Data Konsumen yang Lebih Baik

Dengan menggunakan strategi CRM omni channel, bisnis dapat melacak konsumen di berbagai platform yang mereka gunakan untuk pemasaran dan penjualan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk lebih memahami preferensi konsumen dan menyesuaikan program promosi dengan lebih baik.

Dengan data yang akurat, bisnis dapat berkomunikasi dan menciptakan program promosi yang lebih personal untuk setiap konsumen. Hal ini membuat pelanggan merasa dikenal dengan baik dan dihargai.

  1. Menghubungkan Pengalaman Berbelanja di Gerai Fisik dan Saluran Online

Saat ini, keberadaan bisnis di platform offline dan online saja tidaklah cukup, tetapi perlu ada integrasi antara keduanya. Tujuan utamanya bukan hanya mendapatkan penjualan dari satu saluran tertentu, tetapi memberikan kebebasan kepada konsumen untuk berbelanja melalui saluran mana pun yang mereka inginkan.

Sebagai contoh, sebuah restoran waralaba  menggunakan aplikasi seluler untuk memberikan kupon diskon kepada konsumen. Namun, konsumen masih dapat mendapatkan potongan harga saat berbelanja di gerai fisik dengan menunjukkan kupon tersebut melalui layar ponsel mereka saat bertransaksi.

Interaksi yang terintegrasi seperti ini meningkatkan hubungan antara bisnis dan konsumen. Bisnis memberikan kesempatan kepada konsumen untuk berinteraksi melalui metode dan platform yang mereka pilih.

Penting untuk diingat bahwa interaksi yang baik adalah indikasi bahwa konsumen akan melalui berbagai tahap, mulai dari calon konsumen menjadi konsumen, konsumen menjadi pelanggan setia, hingga menjadi “tim pemasar” yang aktif merekomendasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Dengan menerapkan CRM Omni Channel, bisnis dapat mengoptimalkan pengalaman pelanggan, meningkatkan retensi konsumen, dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Pilihlah platform CRM Omni Channel yang dapat terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi seperti Mimin.

Mimin menyediakan platform CRM Omni Channel yang dapat menghubungkan Whatsapp API dan aplikasi chat lainnya dalam satu saluran. Teknologi dari Mimin ini dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B skala besar lainnya.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains