Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 4 Sep 2023 11:24 WIB

Bagaimana Cara Kerja AI Chatbot dan Contoh Penerapannya?


 Bagaimana Cara Kerja AI Chatbot dan Contoh Penerapannya? Perbesar

Chatbot adalah program komputer yang dirancang untuk berkomunikasi dengan manusia melalui teks atau suara. Cara kerja chatbot melibatkan berbagai komponen dan teknologi yang memungkinkan mereka memahami dan merespons pesan dari pengguna. Berikut ini adalah langkah-langkah umum tentang cara kerja chatbot:

Penerimaan Input Pengguna: 

Chatbot pertama-tama menerima pesan atau pertanyaan dari pengguna. Input ini dapat berupa teks, suara, atau gambar, tergantung pada kemampuan chatbot tersebut.

 

Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP): 

Ini adalah komponen inti dalam cara kerja chatbot. NLP memungkinkan chatbot untuk memahami bahasa manusia dan menganalisis teks yang diberikan oleh pengguna. Ini melibatkan berbagai tahapan, seperti tokenisasi (memecah teks menjadi kata-kata atau frasa), pemahaman sintaksis (analisis struktur tata bahasa), dan pemahaman semantik (pengenalan arti dan konteks kata-kata dan frasa). NLP juga mencakup pemrosesan entitas, yang memungkinkan chatbot mengidentifikasi kata-kata yang mengacu pada lokasi, tanggal, nama, dan informasi lainnya.

 

Memahami Konteks: 

Chatbot berusaha memahami konteks dari percakapan. Ini berarti bahwa chatbot dapat mengingat apa yang telah dikatakan dalam percakapan sebelumnya dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi respon yang akan diberikan.

 

Logika Bisnis: 

Chatbot dilengkapi dengan logika bisnis atau aturan yang mengatur cara mereka merespons pertanyaan dan permintaan pengguna. Aturan ini dapat sederhana, seperti memberikan informasi kontak, atau lebih kompleks, seperti membantu pelanggan dalam proses pemesanan.

 

Generasi Respon: 

Setelah memahami input pengguna dan konteksnya, chatbot menghasilkan respon yang sesuai. Respon ini dapat berupa teks, suara, atau tindakan lain, tergantung pada jenis chatbot dan platform yang digunakan.

 

Komunikasi Kembali: 

Chatbot kemudian mengirimkan respon kembali kepada pengguna, menjawab pertanyaan atau menyampaikan informasi yang diminta.

 

Iterasi dan Pembelajaran: 

Chatbot yang lebih canggih dapat belajar dari interaksi dengan pengguna. Mereka dapat menggunakan machine learning untuk memperbaiki pemahaman mereka tentang bahasa dan konteks, sehingga dapat memberikan respon yang lebih baik di masa mendatang.

 

Kemampuan Integrasi: Beberapa chatbot dapat terhubung ke sistem dan database lain dalam perusahaan untuk mengambil informasi terbaru atau melakukan tindakan seperti pemrosesan pesanan atau reservasi.

 

Cara kerja chatbot dapat sangat bervariasi, tergantung pada kompleksitasnya dan teknologi yang digunakan. Chatbot yang sederhana mungkin hanya menggunakan aturan dasar, sementara yang lebih canggih dapat memanfaatkan kecerdasan buatan dan machine learning untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami dan merespons pengguna.

 

TENTANG MIMIN

 

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

 

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains