Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 20 Feb 2023 15:58 WIB

Bagaimana Progres Pembangunannya IKN Nusantara? Jokowi Ajak Investor Akhir Februari


 Bagaimana Progres Pembangunannya IKN Nusantara? Jokowi Ajak Investor Akhir Februari Perbesar

Jakarta, AQLNews.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada 22 Februari 2023-23 Februari 2023. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, seluruh investor akan diajak Jokowi ke bakal ibu kota baru Indonesia tersebut. “Ya besok, harus saya tinjau dulu, saya sudah lama enggak ke sana. Dulu idenya itu, mungkin akhir Februari (2023) ya,” tutur Basuki usai acara peresmian pabrik Lead Rubber Bearing (LRB) di Karawang, Senin (30/1/2023)

Lantas, bagaimana progres pembangunan IKN Nusantara hingga hari ini? Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis Sumadilaga mengatakan, rata-rata pembangunan di Kawasan IKN Nusantara mencapai 22 persen. “Hari ini dari laporan yang saya terima secara rata-rata sekitar 22 persen (pembangunan IKN Nusantara),” kata Danis saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/2/2023). Danis mengatakan, pembangunan di IKN Nusantara terbagi dua yaitu pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) dan di luar KIPP.

Ia mengatakan, pembangunan di luar KIPP sudah hampir rampung seperti progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sekitar 97 persen dan Embung Mentawir sekitar 99 persen. “Kemudian di luar KIPP juga bina marga (Kementerian PUPR) juga sudah memulai pembangunan jalan tol, 3 paket itu bervariasi progresnya antara 3 sampai 8 persen,” ujarnya. Sementara untuk pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Danis mengatakan, kawasan istana kepresidenan sudah mulai dibangun di antaranya, istana presiden dan lapangan upacara.

“Satu, istana presiden dengan lapangan upacara waktu terakhir saya (ke sana) sekitar 5-7 persen, kemudian pembangunan kantor presiden yang berbentuk seperti burung Garuda sama progresnya sekitar itu juga,” tuturnya. Danis melanjutkan, pembangunan kantor di sekitar istana presiden juga tengah dilakukan yaitu kantor Sekretariat Presiden dan kantor Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ia juga mengatakan, di depan lapangan upacara tengah dibangun Sumbu Kebangsaan atau area terbuka. “Tengah dibangun pembangunan sumbu kebangsaan itu adalah area terbuka kawasan terbuka itu progresnya sudah 5-6 persen,” kata dia.

Di samping itu, Danis mengatakan, pemerintah juga tengah membangun Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur di kawasan KIPP dan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kemudian kantor Kemenko dari rencana 4 itu sudah mulai 3 bangunan kantor, kemenko 1,2,4 salah satunya kemenko Marves, sama satu lagi kayaknya masih dalam proses pengadaan,” ujarnya. Terakhir, Danis mengatakan, Kementerian PUPR juga tengah membangun di kawasan 1B di IKN Nusantara untuk mengantisipasi kedatangan para investor. “Kawasan 1B dan 1C kita juga lakukan land development kita sedang siapkan antisipasi datangnya investor,” ucap dia.

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis