Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Food & Travel · 8 Jul 2023 18:43 WIB

Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanium Mekar di Kebun Raya Cibodas


 Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanium Mekar di Kebun Raya Cibodas Perbesar

AQLNews.id, Cianjur – Kebun Raya Cibodas, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Dengan ketinggian kurang lebih 1.300 sampai dengan 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 85 hektar.

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Cianjur. Dimana Kebun Raya Cibodas ini, memiliki pemandangan alam yang indah dengan disertai berbagai atraksi menarik didalamnya. Sehingga tidak heran, jika destinasi wisata ini menjadi favorit bagi masyarakat Cianjur dan sekitarnya.

Kebun Raya Cibodas semakin menarik perhatian publik, karena terdapat bunga bangkai dengan jenis Amorphophallus Titanium yang akan mekar di Kebun Raya Cibodas. Bunga bangkai ini menjadi bunga tertinggi di dunia dan memiliki bentuk yang unik karena bentuknya menyerupai bentuk alat vital laki-laki yang rusak.

Sekarang bunga bangkai tersebuut memasuki di fase generative atau fase bunga. Titan arum bukanlah bunga tunggal, melainkan sekelompok bunga-bunga kecil yang menempel pada tongkol (spadix) bunga bangkai yang disebut pallus. Bunga ini dapat mekar selama satu minggu.

Berbeda dengan Rafflesia Arnoldi yang disebut bunga berumah dua, Titan Arum adalah bunga berumah satu yang memiliki bunga jantan dan betina. Amorphophallus titanum atau bunga bangkai adalah karena bunga ini mengeluarkan bau busuk saat mekar, yang dapat tercium dalam radius 100 meter. Bau busuk bunga menarik perhatian serangga dan membantu penyerbukan tanaman.

Bunga bangkai saat mekar selalu menarik perhatian masyarakat, karena bunga bangkai memiliki keunikan tersendiri dari perbungaannya. Di Indonesia juga terdapat Amorphophallus titanum atau bunga bangkai yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bogor saat sedang mekar sempurna.

Kebun Raya Cibodas memiliki beberapa spesimen bunga bangkai. Bunga bangkai pertama di Kebun Raya Cibodas adalah 11 Maret 2004, saat mekar tingginya mencapai 3,17 meter.

Menurut klasifikasi International Union for Conservation of Nature (IUCN), Amorphophallus titanum atau bunga bangkai termasuk dalam kategori tumbuhan yang terancam punah. Keberadaan tumbuhan tersebut dilindungi oleh Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999 dan merupakan endemik Indonesia.

Sekarang bunga bangkai sedang memasuki fase mekar di Kebun Raya Cibodas. Bagi kamu yang penasaran dengan bunga bangkai ini, dapat langsung berkunjung dan mengabadikan momen yang langka ini di Kebun Raya Cibodas.

(Dims) 

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara

24 December 2023 - 07:28 WIB

Ganjar – Mahfud Serap Aspirasi Nelayan, Ini Fokus Utamanya

20 December 2023 - 18:23 WIB

Yonif 751/Vira Jaya Sakti Mendapat Kehormatan Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Acara Puncak Hari Juang TNI AD Jajaran Kodam XVII Cenderawasih

16 December 2023 - 16:08 WIB

Danyonif 751/VJS Apresiasi Letnan Barkah Berikan Listrik Gratis untuk Mama Rose di Sarmi

16 December 2023 - 12:01 WIB

Trending di Nasional