Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 10:50 WIB

Cara Membuat Toko Online untuk Bisnis Anda. Cepat dan Mudah


 Cara Membuat Toko Online untuk Bisnis Anda. Cepat dan Mudah Perbesar

Hadirnya dunia digital membantu menghasilkan brand awareness, mendapatkan pelanggan, dan membangun kepercayaan bagi pebisnis yang ingin merambah masuk ke dunia digital. Sebuah toko online dapat membantu mencapai calon pelanggan dan tentu saja menghasilkan penjualan yang signifikan.

Kemajuan teknologi telah memungkinkan Anda untuk menilai data pelanggan potensial dan menampilkan informasi yang tepat yang sedang dicari oleh pelanggan.

Namun, untuk mendapatkan data pelanggan, sangat penting untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik dan membantu pelanggan. Sebelum membuat toko online untuk bisnis Anda, sangat penting untuk mendapatkan elemen-elemen dasar ini dengan benar.

Apa Itu Toko Online?

Toko online dapat didefinisikan sebagai toko di mana pelanggan dapat menjelajahi dan membeli produk secara online. Untuk menciptakan pengalaman belanja yang unik, Anda dapat mempersonalisasi pengalaman toko berdasarkan preferensi pengguna, perilaku pembelian, dan lainnya.

Sebuah toko tidak hanya dapat membantu mengendalikan pengalaman pembeli, tetapi juga menghubungkan pelanggan online dengan toko fisik Anda. Biasanya melibatkan situs web yang mendisplay berbagai produk yang tersedia dengan informasi terbaru. Jika Anda ingin menjalankan bisnis e-commerce, misalnya, Anda dapat memilih platform e-commerce yang sudah banyak tersedia untuk toko Anda. 

Komponen Penting dari Sebuah Toko Online

Berikut adalah daftar lengkap komponen penting yang diperlukan untuk membangun toko online:

 

Mobile Friendly Experience

Saat ini sebagian besar orang sudah menggunakan dan mengenal smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memesan makanan, bepergian, berolahraga, berbelanja, berkomunikasi dan banyak lagi. 

Dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia, mobile shopping (berbelanja secara mobile) menjadi hal yang sudah umum untuk dilakukan. 

Jika Anda ingin memiliki toko online yang terus berkembang dan mampu bersaing dengan bisnis lainnya, mengoptimalkan toko online Anda untuk mobile friendly bukanlah lagi menjadi suatu pilihan. Tetapi, menjadi keharusan.

Selain itu, Google memberikan prioritas pada versi seluler situs web saat melakukan pengindeksan. Memiliki situs web toko online yang ramah seluler memberikan kesan yang sangat baik pada Google dan membuat toko online Anda juga menjadi SEO Friendly.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan apakah toko online Anda mudah untuk dinavigasi dan apakah user friendly. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan apakah toko online Anda user friendly atau tidak:

  • Apakah pengguna dapat menemukan produk yang mereka cari?
  • Apakah ada tombol pencarian untuk navigasi yang lebih baik?
  • Apakah pengguna Anda merasa sulit untuk menyelesaikan order transaksi?
  • Apakah situs Anda memiliki filter yang relevan untuk memudahkan pengguna berbelanja dan mencari produk yang diinginkannya?
  • Apakah pengguna Anda merasa mudah untuk membuat profil mereka untuk menyelesaikan pembelian?
  • Apakah mereka dapat memeriksa ringkasan pesanan sebelum checkout?
  • Apakah mereka dapat melacak (tracking order) pesanan mereka?

Sederhana adalah faktor utama untuk bisnis e-commerce apapun. Toko online harus mudah dipahami dan dinavigasi oleh pengguna untuk menambah produk ke keranjang dan menyelesaikan pembelian mereka.

Foto dan Video yang Menarik

Sebuah toko online harus mendisplay produk dengan cara terbaik. Oleh karena itu, sangat penting memiliki foto dan video berkualitas tinggi agar pembeli dapat memahaminya dan tertarik untuk melakukan pembelian. Sangat penting bagi Anda untuk menambahkan gambar berkualitas tinggi yang dapat membantu konversi ke penjualan bisnis Anda.

Dengan begitu, harga dari produk Anda secara langsung dipengaruhi oleh kualitas foto produk. Beberapa faktor kunci yang perlu diperhatikan adalah:

  • Apakah pengguna merasa puas dengan jumlah gambar produk?
  • Apakah Anda telah menambahkan deskripsi dan tombol add to cart  produk agar pengguna dapat membuat keputusan pembelian?
  • Apakah pelanggan Anda dapat memperbesar gambar produk?
  • Apakah pengguna Anda dapat menggunakan panorama viewer untuk mensimulasikan pengalaman offline?

 

Meminta Ulasan

Terkadang kita selalu lebih suka membuat keputusan berdasarkan pengalaman dan opini orang lain. Hal yang sama berlaku ketika membeli produk. Pelanggan melakukan riset online sebelum membeli produk. Oleh karena itu, ulasan adalah bagian penting dari sebuah toko digital. Banyak konsumen mempertimbangkan ulasan online saat melakukan pembelian online. Anda harus berinteraksi dengan ulasan online, baik yang baik maupun buruk, untuk menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda peduli tentang pengalaman orang dengan produk Anda. Untuk mendapatkan ulasan, Anda dapat menambahkan fungsi ulasan ke toko online Anda dan mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan. Anda dapat meminta ulasan dari pelanggan melalui pesan setelah pembelian.

Memiliki Tombol Call to Action (CTA) yang Jelas

Call to action dapat didefinisikan sebagai tombol yang digunakan dalam halaman toko online Anda, iklan, atau lainnya yang mendorong konsumen untuk mengambil tindakan. Penting bagi toko online Anda memiliki tombol CTA yang menonjol seperti “tambah ke keranjang”, “checkout“, “related product“, “penawaran diskon”, dan lainnya untuk membuat pengguna mengambil Tindakan di toko online Anda.

Ketika seorang pengguna menambahkan item ke keranjang mereka dan mengklik keranjang, toko online harus mendisplay semua detail yang relevan dan daftar produk yang ditambahkan ke keranjang.

Tawarkan Berbagai Pilihan Payment Gateway Pembayaran

Pengguna menggunakan lebih dari satu metode pembayaran saat berbelanja online. Menambahkan berbagai opsi pembayaran sangat penting untuk bisnis e-commerce apapun.

Pelanggan mengharapkan memiliki beberapa opsi pembayaran saat mereka berbelanja. Memiliki sebanyak mungkin opsi populer seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, Gopay, Ovo, dan Dana misalnya, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong konversi.

Memiliki Kebijakan Pengiriman dan Pengembalian yang Jelas

Sebuah toko online harus memiliki kebijakan pengiriman dan pengembalian yang jelas dan ringkas untuk memastikan bahwa pelanggan Anda berada pada halaman yang sama dengan produk Anda. Ini akan membantu menghindari ketidaksesuaian komunikasi dan memastikan pengalaman yang konsisten.

Memiliki kebijakan pengiriman dan pengembalian juga dapat membuat pengguna merasa nyaman untuk menyelesaikan pembelian mereka. Beberapa faktor kunci yang perlu dipertimbangkan bisa mencakup:

 

  • Apakah Anda ingin menyediakan pengiriman standar gratis?
  • Apakah Anda ingin menyediakan pengiriman gratis jika pelanggan menghabiskan jumlah tertentu di toko Anda?
  • Apakah  Anda mampu membayar biaya pengiriman untuk pelanggan?
  • Apakah Anda ingin mengenakan biaya pengiriman berdasarkan lokasi?
  • Apakah Anda ingin menawarkan pengembalian dan penukaran gratis?
  • Apa kebijakan Anda jika barang terlambat?

Dalam kebanyakan kasus, terlihat bahwa toko yang menawarkan pengembalian tanpa biaya dan biaya pengiriman gratis memberi insentif kepada pelanggan untuk melakukan pembelian.

Pertanyaan yang Mudah Dijawab dalam FAQ

Membuat pengalaman pengguna menjadi lebih nyaman. Untuk membangun halaman FAQ, sangat penting untuk mempertimbangkan semua data.

Hal ini harus mengatasi pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pelanggan sehubungan dengan toko online Anda. Beberapa cara terbaik untuk mengidentifikasi pertanyaan umum adalah:

  • Mengulas data layanan pelanggan Anda
  • Mendiskusikan pertanyaan dengan tim Anda

Anda dapat menjawab pertanyaan umum dalam beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan chatbot percakapan pada toko online Anda. Pelanggan Anda dapat langsung bertanya tentang produk Anda dan mendapatkan jawaban cepat tanpa perlu campur tangan customer service manusia.

 

Opsi Kontak yang Mudah

Bisnis yang mudah didekati membangun kepercayaan dengan pelanggannya. Jika pelanggan Anda tidak dapat menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, sangat penting memiliki opsi kontak yang mudah tersedia agar pelanggan Anda dapat menghubungi. Beberapa opsi kontak yang mudah adalah email, nomor telepon, nomer WhatsApp, halaman kontak, dan akun media sosial.

Notifikasi Promosi

Jika toko Anda menjalankan promosi, sangat penting untuk menyiapkan notifikasi yang menonjol di toko online Anda. Pembeli harus dapat menemukan penawaran eksklusif dan penjualan dengan mudah.

Menghubungkan toko online Anda di media sosial

Banyak orang percaya opini di media sosial. Memiliki keberadaan di media sosial sangat penting bagi bisnis apapun untuk membangun kesadaran dan kepercayaan. Aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan tiktok, menawarkan opsi untuk membangun toko online dan menandai produk saat Anda memposting.

Selain memiliki toko di situs e-commerce Anda, mungkin bermanfaat untuk menghubungkan toko online Anda di media sosial untuk mencapai calon pelanggan dan meningkatkan konversi.

Yang perlu diingat, WhatsApp juga adalah aplikasi yang sangat baik untuk membangun toko online Anda.  Anda dapat menampilkan produk, mengirimkan notifikasi promosi, mendorong pencarian produk, dan lainnya melalui WhatsApp. Platform OMNI channel seperti Mimin dapat membantu Anda membangun toko online Anda, mengelompokkan data pelanggan, dan mendorong penjualan dengan lancar melalui platform nya.

Bangun toko online Anda dengan Mimin

Toko online merupakan salah satu aset terbesar untuk menghasilkan prospek dan mendorong penjualan. Salah satu fitur yang mendefinisikan produk e-commerce adalah seberapa baik koneksinya di semua titik sentuhan pelanggan. Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B skala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

PT. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Mengenal Strategi Crowd Control Dalam Event MICE

30 November 2024 - 09:25 WIB

5 Cara Melakukan Crowd Control Management Dalam Sebuah Event

30 November 2024 - 09:20 WIB

Pentingnya Crowd Control Management Dalam Melaksanakan Event

30 November 2024 - 09:16 WIB

Ticketing Management System : Efisiensi Pengelolaan Tiket Secara Online

30 November 2024 - 09:13 WIB

Apa Itu Sistem Registrasi Event? Tugas, Jenis, dan Cara Kerjanya.

30 November 2024 - 09:09 WIB

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Trending di Bisnis