Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 13:29 WIB

Cara Menggunakan Whatsapp Blast Dengan Tehnik Personalized Marketing


 Cara Menggunakan Whatsapp Blast Dengan Tehnik Personalized Marketing Perbesar

Personalized marketing atau marketing personalization adalah sebuah strategi bisnis yang marak digunakan saat ini. Strategi personalized marketing dilakukan dengan cara  menyesuaikan brand message dengan individu calon prospek berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Cara melakukan personalized marketing salah satunya adalah dengan menggunakan platform OMNI Channel dari Mimin. Platform ini digunakan untuk mengumpulkan data yang menggambarkan karakteristik konsumen. Contoh datanya termasuk minat, lokasi, dan produk dari Perusahaan Anda yang dibeli oleh pelanggan Anda. 

Data itu kemudian dapat Anda manfaatkan untuk membuat kategori atau pengelompokan segmen konsumen. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan WhatsApp blast, iklan, dan konten lain berisi penawaran yang tepat untuk masing-masing segmen.

Contoh personalized marketing adalah mengirimkan WhatsApp untuk merekomendasikan beberapa produk yang berkaitan dengan barang yang baru saja konsumen beli di toko online Anda. 

Langkah tersebut selain mendorong pembeli untuk bersedia bertransaksi lagi, juga akan memberikan kesan bahwa Anda memahami kebutuhan konsumen.

 

WhatsApp Blast dengan teknik Personalized Marketing 

WhatsApp Blast dengan teknik Personalized Marketing adalah strategi mengirim pesan massal kepada sejumlah pelanggan atau prospek yang disesuaikan dengan karakteristik, preferensi, atau data pribadi masing-masing penerima. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan dan pribadi kepada setiap penerima pesan, sehingga meningkatkan peluang interaksi yang positif.

Berikut adalah beberapa langkah dalam menjalankan WhatsApp Blast dengan teknik Personalized Marketing:

Segmentasi Data: 

Pertama-tama, kelompokkan pelanggan Anda berdasarkan atribut seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, riwayat pembelian, preferensi produk, dan lainnya. Ini akan membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik.

Pesan Personalisasi: 

Buat pesan yang dapat disesuaikan dengan setiap segmen atau penerima. Gunakan nama penerima dalam pesan (dengan menggunakan pengganti seperti {{nama}}), serta rincian yang relevan dengan preferensi atau riwayat pembelian mereka.

Penyesuaian Penawaran: 

Jika Anda memiliki penawaran atau promosi khusus, pastikan untuk menyesuaikannya dengan setiap segmen. Misalnya, berikan diskon produk yang sesuai dengan minat atau pembelian sebelumnya.

 

Gunakan Katalog Produk:

Jika memungkinkan, gunakan fitur katalog produk di WhatsApp untuk memungkinkan penerima melihat produk yang relevan dengan mereka. Ini dapat membantu dalam memudahkan proses pembelian.

 

Pesan Pendek dan Jelas: 

Pertahankan pesan Anda singkat, jelas, dan langsung ke tujuan. Hindari pesan yang terlalu panjang atau rumit, karena pelanggan mungkin tidak memiliki waktu untuk membaca semuanya.

 

Uji dan Analisis: 

Sebelum melakukan blast secara besar-besaran, uji pesan Anda dengan beberapa segmen kecil terlebih dahulu. Kemudian, analisis respons dan kinerja pesan tersebut. Gunakan wawasan ini untuk memperbaiki dan menyempurnakan kampanye Anda.

 

Waktu Pengiriman yang Tepat:

Pertimbangkan waktu terbaik untuk mengirim pesan Anda. Jika Anda memiliki data tentang kapan pelanggan paling aktif atau responsif, gunakan informasi ini untuk memilih waktu yang sesuai.

 

Lakukan Follow Up

Jika ada respons positif atau pertanyaan dari penerima pesan, pastikan Anda siap untuk memberikan jawaban yang cepat dan memuaskan. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

 

Hormati Privasi: 

Pastikan bahwa Anda mematuhi pedoman privasi dan peraturan yang berlaku terkait penggunaan data pribadi pelanggan.

 

Kreativitas dalam Personalisasi: 

Selain menggunakan nama, pertimbangkan untuk mempersonalisasi pesan dengan informasi unik lainnya, seperti tanggal pembelian terakhir, produk yang sering dilihat, atau aktivitas sebelumnya di platform Anda.

 

Ingatlah bahwa teknik Personalized Marketing memerlukan usaha tambahan dalam pengumpulan dan analisis data, tetapi dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam hal keterlibatan pelanggan dan konversi.

 

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

PT. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis