Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 6 Sep 2023 09:57 WIB

cara meningkatkan Customer Experience Menggunakan CRM Omnichannel


 cara meningkatkan Customer Experience Menggunakan CRM Omnichannel Perbesar

Ketika pelanggan menggunakan produk atau jasa, selain menjadi solusi untuk memecahkan masalah, mereka juga memiliki ekspetasi tentang layanan pelanggan yang didapat berdasarkan kualitas produk dan jasa yang digunakan. Dalam menjalankan bisnis, menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah hal penting. Semakin baik cara yang diterapkan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, maka akan semakin sukses bisnis yang dijalankan, contohnya menggunakan solusi CRM Omnichannel.

Untuk dapat terus memastikan kepuasan pelanggan, sebuah bisnis harus konsisten dalam memberikan kualitas produk atau jasa yang baik dengan layanan pelanggan yang memuaskan dan berkualitas. Manfaatnya, terjalinya hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang memberikan banyak keuntungan bagi bisnis, salah satunya loyalitas pelanggan dan kemudaha menawarkan jasa atau produk baru.

Meningkatkan customer experience (CX) menggunakan CRM omnichannel (customer relationship management) adalah langkah penting dalam memastikan bahwa pelanggan Anda merasa puas dan terhubung dengan bisnis Anda di berbagai saluran komunikasi. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan customer experience dengan menggunakan CRM omnichannel:

Integrasi Data Pelanggan: 

Pastikan bahwa data pelanggan dari semua saluran (misalnya, email, media sosial, situs web, panggilan telepon) terintegrasi ke dalam sistem CRM Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki pandangan lengkap tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Pelacakan Interaksi Pelanggan: 

Gunakan CRM untuk melacak interaksi pelanggan di berbagai saluran. Anda dapat melihat catatan interaksi sebelumnya, permintaan pelanggan, atau keluhan yang mereka sampaikan. Ini membantu staf layanan pelanggan memberikan respons yang lebih personal.

Personalisasi Pesan: 

Dengan data pelanggan yang terintegrasi, Anda dapat mengirim pesan yang lebih personal dan relevan. CRM dapat membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pelanggan.

Koordinasi Respons: 

Pastikan bahwa respons terhadap pelanggan di berbagai saluran terkoordinasi dengan baik. Jika seorang pelanggan menghubungi Anda melalui media sosial dan kemudian melalui email, staf layanan pelanggan harus dapat melanjutkan percakapan dengan pemahaman lengkap tentang masalah pelanggan.

Ketersediaan Multisaluran: 

Pastikan bahwa Anda memiliki berbagai saluran komunikasi yang tersedia untuk pelanggan. Ini termasuk chat live, email, telepon, media sosial, dan bahkan layanan pesan instan. Pelanggan harus dapat memilih saluran yang mereka sukai.

 

Dukungan 24/7: 

Jika memungkinkan, sediakan dukungan pelanggan 24/7. Chatbot AI atau staf layanan pelanggan yang bekerja di berbagai zona waktu dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan di waktu yang nyaman bagi mereka.

 

Analisis Data Pelanggan: 

Manfaatkan analisis data pelanggan dari CRM Anda untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pelanggan dan preferensi mereka. Ini dapat membantu Anda memahami apa yang pelanggan inginkan dan bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman mereka.

 

Pelatihan Karyawan: 

Pastikan staf Anda terlatih dalam menggunakan CRM omnichannel dengan efektif. Mereka harus mengerti cara mengakses dan memanfaatkan data pelanggan untuk memberikan layanan yang lebih baik.

 

Perbaikan Berkelanjutan: 

Gunakan umpan balik pelanggan dan analisis data untuk terus memperbaiki strategi CX Anda. Terlibat dalam peningkatan berkelanjutan untuk memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

 

Berikan Kemudahan Pindah Saluran: 

Jika pelanggan memulai interaksi di satu saluran dan ingin beralih ke saluran lain (misalnya, dari chat ke panggilan telepon), berikan kemudahan untuk melakukannya tanpa perlu mengulang informasi yang sama.

 

Menggunakan CRM omnichannel dengan bijak dan efektif dapat menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, meningkatkan loyalitas, dan membantu bisnis Anda tumbuh. Itu adalah investasi yang berharga dalam hubungan pelanggan Anda.

 

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

 

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains