Berbagai macam strategi diterapkan pelaku usaha online agar roda bisnis dapat terus berjalan. Salah satunya dengan menggunakan fitur yang mampu membuat hubungan antara pedagang dan pelanggan semakin erat. kira-kira fitur apa yang dimaksud? Untuk menjawab rasa penasaran itu, berikut ulasannya.
Chat Commerce
Sesuai dengan namanya, chat commerce merupakan fitur yang memudahkan Anda dalam urusan membalas semua pesan yang datang dari pelanggan. Sehingga, Anda dapat melakukan pendekatan personal melalui pesan yang di dapatkan dari pelanggan.
Anda hanya tinggal membuat template jawaban, dan biarkan sistem yang bekerja untuk membalasnya satu per satu. Beberapa pesan yang biasanya selalu ditanyakan oleh pelanggan seperti: “barangnya ready?”, “kapan bisa dikirim?”, atau “ada pilihan warna apa aja?”
Bagaimana Cara Chat Commerce Bekerja?
Chat commerce bekerja layaknya seperti live chat. Hanya saja ketika pesan masuk, template yang sebelumnya telah dibuat akan menjawab semua pertanyaan dari konsumen secara otomatis dan cepat. Hingga kini, fitur ini dapat kita jumpai pada ragam marketplace diantaranya Shopee, Tokopedia, lalu aplikasi pesan instan WhatsApp Busines dan social commerce lainnya.
Cjat Commerce dapat diaplikasikan di berbagai platform dalam bentuk chatbot atau voice bots. Tak hanya itu, beberapa pengembang lokal turut menyediakan chat commerce berbayar yang mereka klaim akan memudahkan pedagang mengirim pesan hanya dalam satu dashboard. Artinya, semua chat yang datang dari pelanggan hanya akan terhubung dalam satu akun saja tanpa harus repot-repot melakukan tab pada perangkat. Jasa penyedia layanan itu seperti Mimin.
Seiring majunya teknologi ragam fitur terus ditambahkan. Yang terbaru ketika chat commerce dapat memproses pesanan pelanggan melalui format order. Termasuk dapat mengetahui status pengiriman seperti pesanan diproses, barang dikemas, hingga barang dikirim.
Tunggu apa lagi, sudah saatnya kita menggunakan chat commerce. Selain dapat mempererat hubungan kita dengan pelanggan, fitur yang satu ini juga menjadi salah satu upaya kita untuk meningkatkan penjualan.
Oleh sebab itu Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.
Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis