Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Nasional · 22 Feb 2023 23:50 WIB

DPR Dorong Pemerintah Berikan Klarifikasi Terkait Kejelasan Status Mobil Esemka


 DPR Dorong Pemerintah Berikan Klarifikasi Terkait Kejelasan Status Mobil Esemka Perbesar

Jakarta, AQLNews.id – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah memberikan penjelasan tentang status pembuat Mobil Esemka, menyusul beredarnya kabar bahwa mobil Esemka buatan China. Menurut Mulyanto, klarifikasi mengenai hal ini penting mengingat Mobil Esemka sebelumnya digadang-gadang sebagai mobil nasional buatan anak bangsa.

 

Politisi Fraksi PKS ini juga mengusulkan agar Komisi VII DPR RI meminta keterangan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan produsen Esemka terkait masalah ini. Menurutnya, penetapan status produksi Mobil Esemka ini sangat penting karena berdampak pada banyak hal. Salah satunya, terkait rencana Pemerintah memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik.

 

“Bila mobil Esemka memang produksi dalam negeri maka kita angkat topi. Tapi kalau mobil Esemka ternyata bukan produksi dalam negeri sebagaimana diberitakan maka secara moral dan politik Jokowi harus bertanggung jawab,” ujar Mulyanto dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Parlementaria, Senin, (20/2/2023).

 

Mulyanto mengaku prihatin dengan politisasi mobil Esemka ini. Menurutnya, tidak sepatutnya isu ini dibiarkan tanpa kejelasan karena berpotensi membodohi masyarakat. Oleh karena itu ia minta DPR mendorong agar masalah ini menjadi jelas.

 

“Saya pikir mobil Esemka ini dikirim dari alam gaib karena selama ini tidak jelas perkembangannya. Mereka muncul hanya di tahun politik menjelang pemilu. Setelah bertahun-tahun dicari ternyata baru sekarang diketahui kalau Esemka buatan China,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara

24 December 2023 - 07:28 WIB

Ganjar – Mahfud Serap Aspirasi Nelayan, Ini Fokus Utamanya

20 December 2023 - 18:23 WIB

Yonif 751/Vira Jaya Sakti Mendapat Kehormatan Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Acara Puncak Hari Juang TNI AD Jajaran Kodam XVII Cenderawasih

16 December 2023 - 16:08 WIB

Danyonif 751/VJS Apresiasi Letnan Barkah Berikan Listrik Gratis untuk Mama Rose di Sarmi

16 December 2023 - 12:01 WIB

Soft Launching Buku “CCTV Surga Tidak Pernah Mati Lampu”

7 November 2023 - 00:05 WIB

Perjuangan Seorang Wanita Cantik Demi Nelayan Indonesia

6 November 2023 - 10:14 WIB

Estiana Fithriana Dewi S.Sos
Trending di Nasional