Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains ยท 20 Jun 2023 11:09 WIB

e-KTP rasa KTP


 e-KTP rasa KTP Perbesar

Pada tahun 2023, terjadi kemajuan pesat dalam bidang teknologi. Teknologi yang ada saat ini telah memudahkan manusia dalam beraktivitas. Namun, di Indonesia, penggunaan teknologi yang sedang berkembang seperti E-KTP masih belum optimal. Hal ini terlihat dari masih banyaknya fresh graduate yang terus melampirkan CV dengan berbagai berkas seperti fotokopi kartu keluarga, NPWP, SIM, surat vaksin, KTP, kartu rekening, dan lain-lain.

Sementara itu, di negara Estonia yang terletak di Eropa Utara, mereka memiliki sistem kartu identitas yang canggih yang disebut “ID-kaart”. ID-kaart bukan hanya sekadar kartu identitas, tetapi juga dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan publik pemerintah secara digital. Nomor identitas yang tercantum pada ID-kaart Estonia memungkinkan akses ke platform e-Governance untuk mengurus surat atau berkas penting, e-Tax (pajak), X-Road, i-Voting (pemungutan suara), Blockchain, Cryptocurrency, e-Health Record (rekam medis publik), dan e-Residency.

Tidak hanya di Eropa, tetapi juga di negara tetangga seperti Malaysia, terdapat efisiensi dalam kartu identitas penduduk. Di Malaysia, mereka memiliki kartu identitas pintar yang disebut MyKad. MyKad adalah kartu identitas yang berfungsi sebagai SIM, paspor, dan dokumen lainnya. Dilengkapi dengan teknologi chip dan biometrik, MyKad menghilangkan kebutuhan akan banyak dokumen, termasuk fotokopi e-KTP, saat bepergian. Pemerintah Malaysia meluncurkan MyKad pertama kali pada September 2001. MyKad merupakan singkatan dari “My” yang mewakili Malaysia atau Saya dalam Bahasa Inggris, dan “Kad” adalah singkatan dari “Kartu Akuan Diri”

Kendati negara lain telah berhasil mengimplementasikan teknologi yang lebih maju dalam sistem identitas penduduk mereka, pertanyaan mengapa Indonesia masih menggunakan cara lama?

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains