Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Regional · 1 Dec 2023 12:44 WIB

Gathering Kelas Edukasi Tabulampot Bersama Perwakilan Guru SD Kota Bogor di Kebun Raya Bogor


 Gathering Kelas Edukasi Tabulampot Bersama Perwakilan Guru SD Kota Bogor di Kebun Raya Bogor Perbesar

AQLNews.id, Bogor – Kebun Raya Bogor yang merupakan sebuah kebun besar yang diperuntukan terutama untuk para peneliti. Selain itu, Kebun Raya Bogor juga dijadikan tempat untuk belajar dan berwisata mengenai berbagai tumbuhan.

Kebun raya bogor menghadirkan beberapa kelas edukasi untuk memberikan pengalaman kepada para siswa maupun masyarakat luas untuk lebih mengenal dan melestarikan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar.

Kebun Raya Bogor sebagai pusat konservasi tumbuhan memberikan pelayanan edukasi dengan mengadakan “Kelas Edukasi Tabulampot” untuk perwakilan sekolah-sekolah dasar di Kota Bogor.

Program ini diselenggarakan untuk memberikan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang praktis kepada siswa Sekolah Dasar dalam bercocok tanam dan merawat tanaman Tabulampot atau Tanaman Buah di Dalam Pot.

Pada dasarnya hampir semua jenis tanaman buah bisa tumbuh apabila dibudidayakan dalam bentuk tabulampot. Tabulampot merupakan kepanjangan dari Tanaman Buah Dalam Pot yang ditujukan bagi orang yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang luas.

Kebun Raya Bogor memperkenalkan Kelas Edukasi ini sejak dini karena untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan keterampilan terutama dalam bidang tumbuh-tumbuhan di kalangan generasi muda.

Kelas Edukasi Tabulampot ini melibatkan para siswa untuk ikut praktik langsung dalam serangkaian kegiatan yang interaktif mulai dari panduan perawatan tanaman, cara menanam tanaman itu sendiri hingga sesi tanya jawab.

Adapun yang mengikuti Kelas Edukasi Tabulampot kali ini yaitu di antaranya Sekolah MI Insan Taqwa, RA Insan Taqwa, SD Bosowa Bina Insani, SD Insan Kamil, SD Madania, SD Margajaya 1, SDIT AL Yasmin II, SDIT Insan Tama, Paud Tulip HI.

“Kali ini saya berkesempatan untuk memperkenalkan beberapa program edukasi yang ada di Kebun Raya Bogor dan dapat diikuti dari mulai jenjang TK hingga Umum. Selain belajar mengenai tanaman, peserta yang mengikuti kelas edukasi ini pun dapat mengasah kreativitas yang dikolaborasikan dengan edukasi mengenai berbagai tanaman,” ujar General Manager Kebun Raya Bogor, Andreas F Kindangen, Jumat 1 Desember 2023

“Maka dari itu kami harap ibu dan bapak dapat mendukung program kelas edukasi ini agar terus dapat memberikan pelayanan edukasi yang terbaik,” sambungnya

Kegiatan program edukasi ini pun tentunya mendapat apresiasi dari pihak sekolah

”Saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini terutama kelas edukasi yang di praktikan karena kita bisa dapat belajar tumbuh-tumbuhan dan saya mengharapkan agar program ini dapat terus berjalan kedepannya”. ujar salah guru perwakilan sekolah yang mengikuti kelas edukasi ini.

Kebun Raya Bogor mempunyai beberapa kelas edukasi antara lain, Kelas Edukasi Tabulampot, Kelas Edukasi Menam Benih, Kelas Edukasi Kompos, Kelas Kokedema, Kelas Mencangkok, Kelas Anggrek, dan Kelas Terrarium. Kelas Edukasi Tabulampot dimulai dari harga jual Rp. 45.000 – Rp. 150.000 disesuaikan dengan paket yang dipilih.

Program ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan kebun raya untuk berbagi pengetahuan dan menciptakan dampak yang positif dalam masyarakat terutama pada generasi muda untuk turut ikut melestarikan tumbuhan.(*)

 

 

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

Bentuk Kepedulian, Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Berikan Donasi Bulan Dana ke PMI Kota Bogor

8 January 2024 - 17:50 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Artis Senior, Anjasmara Belajar Langsung Soal Tanaman Hias di Kebun Raya Bogor

10 December 2023 - 18:56 WIB

Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

8 December 2023 - 21:08 WIB

Danyonif 751/VJS Hadiri Ibadah Gerbang Natal Dengan Penuh Keberagaman Dan Toleransi Bersama Forkopimda Jayapura

29 November 2023 - 10:09 WIB

Trending di Regional