Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Nasional · 9 Feb 2023 14:15 WIB

HPN 2023, Gus Muhaimin Harap Pers Jaga Profesionalisme di Tengah Gempuran Informasi


 HPN 2023, Gus Muhaimin Harap Pers Jaga Profesionalisme di Tengah Gempuran Informasi Perbesar

Jakarta, AQLNews.id – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai pesatnya perkembangan teknologi informasi memiliki dampak serius terhadap produksi dan distribusi informasi yang diterima masyarakat. Di era saat ini, tambahnya, semua orang bisa memproduksi dan menyebarkan berbagai jenis informasi secara bebas dan nyaris tanpa kontrol. Hal ini berdampak pada tingginya produksi dan penyebaran berita-berita bohong (hoaks) yang memiliki dampak sangat negatif bagi masyarakat, bahkan bisa memicu terjadinya disintegrasi bangsa.

 

Karena itu, pria yang kerap disapa Gus Muhaimin ini menegaskan bahwa pers memegang peranan sangat penting untuk bisa menjaga profesionalismenya. Di tengah gempuran informasi dituntut untuk selalu menyajikan informasi-informasi yang berkualitas, akurat, kredibel dan bisa dipercaya.
”Saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional, 9 Februari 2023. Semoga media kita, pers Indonesia semakin profesional, berkualitas dan terpercaya. Pers Indonesia harus terus menghadirkan informasi terpercaya untuk mendorong kemajuan dan bisa mempersatukan bangsa,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria pada Kamis (9/2/2023).

 

Politisi yang biasa disapa Gus Muhaimin ini menjelaskan bahwa sejak era pra kemerdekaan, pers Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam mengawal pembangunan bangsa. Pada era tersebut pers berperan ganda sebagai media informasi juga sebagai alat propaganda untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa. Setelah itu, di era kemerdekaan dan setelahnya, pers Indonesia berhasil menjalankan perannya untuk mendorong kemajuan bangsa.

 

Kini, di era modern di mana informasi tersaji dengan sangat bebas, media juga memiliki tantangan yang tidak mudah. Pers memiliki tugas untuk terus mengawal pembangunan, sekaligus bisa memberikan informasi yang mendidik, informatif, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.
”Jangan sampai karena mengejar clickbait dan rating, lantas media profesional malah ikut-ikutan menyebarkan informasi yang sesat dengan judul-judul berita yang manipulatif hanya agar beritanya dibaca. Saya sangat yakin, media yang profesional, memberikan informasi-informasi yang benar, mendidik, selamanya akan tetap punya pembacanya sendiri dan dicintai masyarakat,” tutur Politisi PKB yang juga merupakan Anggota Komisi I ini.

 

Legislator Dapil Jawa Timur VIII ini juga berharap pemerintah bisa mendorong keberlangsungan dan kemajuan Pers Indonesia. ”Banyak media yang gulung tikar karena tidak bisa bersaing di era kebebasan saat ini. Koran-koran banyak yang tutup. Tentu ini harus juga menjadi perhatian pemerintah agar bagaimana bisa mendukung keberlangsungan industri media. Jangan sampai yang berjaya hanya Google, Facebook, dan platform-platform digital lainnya sementara pers kita menderita,” katanya.
Menutup pernyataan resminya, Gus Muhaimin juga meminta kepada perusahaan pers untuk bisa memberikan kesejahteraan yang layak kepada para jurnalisnya sehingga mereka bisa bekerja dengan baik, menjaga profesionalisme sebagai pilar keempat demokrasi. (uc/rdn)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara

24 December 2023 - 07:28 WIB

Ganjar – Mahfud Serap Aspirasi Nelayan, Ini Fokus Utamanya

20 December 2023 - 18:23 WIB

Yonif 751/Vira Jaya Sakti Mendapat Kehormatan Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Acara Puncak Hari Juang TNI AD Jajaran Kodam XVII Cenderawasih

16 December 2023 - 16:08 WIB

Danyonif 751/VJS Apresiasi Letnan Barkah Berikan Listrik Gratis untuk Mama Rose di Sarmi

16 December 2023 - 12:01 WIB

Soft Launching Buku “CCTV Surga Tidak Pernah Mati Lampu”

7 November 2023 - 00:05 WIB

Perjuangan Seorang Wanita Cantik Demi Nelayan Indonesia

6 November 2023 - 10:14 WIB

Estiana Fithriana Dewi S.Sos
Trending di Nasional