Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 7 Dec 2023 08:18 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia


 Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia Perbesar

Teknologi pembayaran digital di Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Beberapa faktor yang mendukung pertumbuhan ini antara lain peningkatan akses internet di seluruh negeri, dan semakin banyak orang yang dapat mengakses layanan pembayaran digital secara online. Jumlah pengguna smartphone yang terus meningkat juga mendukung pertumbuhan pembayaran digital. Banyak aplikasi pembayaran digital yang dapat diunduh dan digunakan secara mudah melalui perangkat mobile. 

Perusahaan-perusahaan teknologi keuangan (fintech) di Indonesia terus berinovasi dalam menyediakan layanan pembayaran digital yang lebih mudah, cepat, dan aman. Mereka juga seringkali berkolaborasi dengan perusahaan lain dan lembaga keuangan untuk memperluas jangkauan layanan mereka.

Salah satu Perusahaan fintech terbaik di Indonesia yang menyediakan solusi pembayaran online adalah FinpayFinpay merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia yang bergerak pada penyediaan Layanan Finance Technology dan fokus memberikan solusi untuk industri perbankan, gerai waralaba, Telekomunikasi, ecommerce, transportasi, government, perusahaan services yang menyediakan tagihan rutin dan industri lainnya yang membutuhkan solusi Digital Payment dan pendukungnya.

Penerapan Sistem Pembayaran Online di Indonesia

Penerapan sistem pembayaran online di Indonesia merupakan salah satu manifestasi dari transformasi digital yang melibatkan berbagai sektor kehidupan. Transformasi ini tidak hanya terjadi di sektor keuangan, tetapi juga merambah ke sektor e-commerce, perbankan, ritel, dan berbagai industri lainnya. 

Dalam penerapan sistem pembayaran online di Indonesia, Finpay Payment gateway memiliki berbagai layanan seperti :

    1. Payment Gateway (Host to Host) sebuah solusi Landing page pembayaran online yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa mensupport pembayaran online di website/aplikasi mitra
    2. Finpay Link & Finpay Invoice sebuah solusi – Link pembayaran yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa mensupport pembayaran online di media sosial/ messaging – Invoice elektronik yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa dikirim secara elektronik ke pelanggan melalui email/sms
    3. QRIS sebuah solusi kerjasama layanan pembayaran menggunakan QRIS ( kode QR yang sudah distandardisasi oleh Bank Indonesia sehingga bisa diterima diseluruh merchant yang bertanda QRIS)
    4. Acquiring debit sebuah solusi kerjasama untuk dapat menerima dan memproses transaksi pembayaran dengan Kartu Kredit maupun Kartu Debit berdasarkan lisensi dari VISA International atau MasterCard International.
  • Virtual Account  adalah nomor rekening unik yang dibuat secara elektronik dan tidak terkait dengan rekening fisik di bank. Setiap transaksi pembayaran menggunakan virtual account dapat diidentifikasi dengan nomor tersebut. 

Jenis-jenis Sistem Pembayaran Online di Indonesia

sistem pembayaran online dapat dibagi menjadi dua jenis utama: tunai dan non-tunai. Di bawah ini, adalah beberapa metode pembayaran online non-tunai yang umum digunakan di Indonesia:

  1. Bank Transfer

Bank transfer adalah salah satu metode pembayaran non-tunai yang umum digunakan di Indonesia dan di seluruh dunia. Dalam bank transfer, dana dipindahkan dari satu rekening bank ke rekening bank lainnya. Proses ini dapat dilakukan baik melalui kantor bank fisik maupun melalui layanan perbankan digital seperti internet banking atau mobile banking.

  • E-Wallet

E-wallet, atau dompet digital, adalah salah satu bentuk pembayaran elektronik yang populer dan berkembang pesat di Indonesia dan di seluruh dunia. E-wallet adalah aplikasi atau platform yang memungkinkan pengguna menyimpan uang dan melakukan berbagai transaksi secara digital, seperti pembayaran, transfer uang, dan pembelian barang atau jasa.

  1. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memungkinkan pemegang kartu melakukan pembelian dan pembayaran atas barang atau layanan tanpa harus membayar secara langsung. Kartu kredit memungkinkan pemegangnya melakukan pembelian atau pembayaran atas barang dan jasa dengan menggunakan kredit yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (bank atau lembaga keuangan). Setiap pemegang kartu kredit memiliki limit kredit yang menunjukkan batas maksimal jumlah uang yang dapat dipinjam untuk melakukan transaksi. Limit ini ditentukan oleh penerbit kartu berdasarkan kriteria kredit dan sejarah keuangan pemegang kartu.

  1. QRIS

QRIS, singkatan dari “Quick Response Code Indonesian Standard,” adalah standar kode QR yang dikembangkan di Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran elektronik. QRIS merupakan sistem yang memungkinkan berbagai dompet digital dan metode pembayaran elektronik dapat beroperasi dengan satu standar kode QR, membuatnya lebih mudah untuk digunakan oleh pengguna dan pedagang. QRIS dirancang untuk mengintegrasikan berbagai layanan pembayaran elektronik di Indonesia, mencakup dompet digital, mobile banking, dan kartu kredit. Dengan QRIS, pengguna atau pedagang dapat menggunakan satu kode QR untuk menerima pembayaran dari berbagai penyedia layanan pembayaran elektronik. Sebelum adanya QRIS, setiap penyedia layanan memiliki QR code sendiri-sendiri.

  1. Virtual Account / kode bayar

Virtual account adalah nomor rekening yang dibuat secara elektronik dan bukan merupakan rekening fisik di bank. Nomor rekening virtual ini digunakan dalam konteks pembayaran elektronik dan memberikan kemudahan dalam proses identifikasi dan pelacakan transaksi keuangan. Virtual account sering digunakan dalam pembayaran tagihan, pembelian online, atau transaksi lainnya. Pengguna biasanya menerima nomor virtual account bersamaan dengan tagihan atau instruksi pembayaran.

Jika Anda sedang mencari payment gateway terbaik di Indonesia, maka Anda bisa menggunakan Finpay. Sebagai salah satu pilihan penyedia  payment gateway, Finpay Payment Gateway memiliki berbagai layanan untuk seller online di berbagai media sosial berupa Finpay Link yaitu Link pembayaran yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa mensupport pembayaran online di media sosial/ messaging. Selain itu finpay juga memiliki layanan Finpay Invoice yaitu Invoice elektronik yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa dikirim secara elektronik ke pelanggan melalui email/sms.Adapun beberapa Keunggulan Produk Finpay Payment Gateway antara lain :

  1. Beragam metode pembayaran yang aman
  2. Kemudahan dalam proses integrasi
  3. Harga yang kompetitif
  4. Mudah di akses dengan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan
  5. transaksi yang cepat dan realtime 

Permudah urusan bisnis Anda dengan sistem pembayaran online bersama Finpay sekarang juga. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai beragam solusi pembayaran online yang cocok untuk bisnis Anda!

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Panduan Lengkap Payment Gateway Di Indonesia

20 November 2023 - 13:08 WIB

Trending di Bisnis