AQLNews.id – Jakarta, Pernahkah Anda merasakan keharusan untuk segera merespon pesan dari pelanggan? Bagaimana jika Anda harus membuka satu per satu layanan pesan pelanggan dari sosial media?
Atau bahkan memiliki beberapa ponsel untuk setiap layanan pelanggan Anda agar admin dapat merespons pesan dengan cepat, namun ternyata menjadi sangat merepotkan. Satu orang harus mengurus lebih dari dua layanan pelanggan di sosial media, benar-benar merepotkan, bukan?
Berpindah-pindah platform secara terus-menerus dapat membuat proses balas pesan tidak efisien dan berpotensi menurunkan reputasi bisnis Anda.
Karena itu, saat ini telah muncul beberapa aplikasi chat commerce yang memudahkan Anda dalam menjawab pesan pelanggan hanya melalui satu platform.
Namun, apa saja fitur chat yang ada dalam platform chat commerce dan rekomendasi apa saja yang dapat Anda gunakan untuk toko online? Mari kita simak lebih lanjut dalam artikel ini.
Fitur Chat yang Harus Ada dalam Platform Chat commerce
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan platform chat commerce, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu fitur dari platform chat online tersebut.
Berikut adalah dua fitur penting yang harus Anda perhatikan:
- Fitur Chatbot Commerce
Fitur pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ketersediaan chatbot commerce, sehingga Anda tidak perlu repot menyiapkan seorang staf untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan.
Biasanya, fitur ini dimulai dengan sapaan yang telah Anda siapkan sebelumnya, serta menyediakan beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli beserta jawaban yang telah ditentukan sebelumnya.
Dengan adanya fitur chatbot commerce, Anda dapat mengantisipasi pertanyaan yang berulang.
- Terhubung dengan Sosial Media
Kedua, pastikan platform chat commerce yang Anda gunakan sudah terintegrasi dengan private chat di Sosial Media. Sebelumnya, Anda harus membuka setiap chat pelanggan satu per satu di setiap sosial media. Namun, jika sudah terhubung dengan chat commerce, Anda tidak perlu lagi membuka setiap sosial media.
Rekomendasi Chat Commerce di Indonesia
Setelah kita membahas fitur-fitur yang ada dalam platform chat commerce, kami merekomendasikan chat commerce dari Mimin salah satu chat commerce terbaik di Indonesia yang dapat Anda coba. Mimin telah terintegrasi dengan aplikasi chat online seperti Facebook Messenger, Instagram, WhatsApp Business API, dan lainnya.
Dengan platform ini, Anda dapat mengelola pesan pelanggan melalui WhatsApp Business API. Tidak hanya melalui WhatsApp, Anda juga dapat mengelola chat pelanggan dari berbagai social commerce seperti facebook, Instagram, twitter hanya dengan melalui satu platform.
Beberapa fitur yang tersedia meliputi chatbot untuk membantu Anda dalam merespons pesan tanpa perlu mengetik pesan secara manual ketika merespons chat pelanggan.
Selain itu, tersedia pula fitur blast yang memungkinkan Anda mengirim pesan langsung ke banyak pelanggan, sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang dan yang paling penting, mudah untuk dilakukan.
Menariknya lagi, Platform ini dilengkapi dengan fitur quick reply yang memungkinkan Anda untuk tidak perlu menulis ulang pesan pembeli dari awal. Jika Anda seorang pebisnis pemula, tenang saja, platform chat commerce di Mimin ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.
Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.
Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.