Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Food & Travel ยท 14 Aug 2023 20:19 WIB

Jadi Kawasan Konservasi, Kebun Raya Tempat Cocok Untuk Healing


 Jadi Kawasan Konservasi, Kebun Raya Tempat Cocok Untuk Healing Perbesar

AQLNews.id, Bogor — Polusi udara masih menjadi permasalahan yang hingga kini masih terjadi. Terlebih, jika berada di ibu kota maupun kota kota besar .

Jika melihat kondisi akhir-akhir ini di Ibu Kota, Jakarta menjadi salah satu kota dengan udara terburuk di dunia.

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5. 40%, dengan demikian kualitas hidup orang di perkotaan sangat tidak sehat dan cenderung membahayakan.

Bagi masyarakat perkotaan, mencari udara sehat & segar merupakan salah satu solusi jangka pendek yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan di tengah-tengah kondisi seperti ini. Salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan healing dan mengunjungi Kebun Raya.

Kebun Raya adalah Kawasan Konservasi Ilmiah yaitu merupakan lahan yang ditanami oleh jenis tumbuhan yang ditujukan untuk pemanfaatan sebagai koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ milik BRIN.

Tak hanya itu kebun raya juga berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung maupun kalangan layak.

Sampai saat ini terdapat 4 (empat) Kebun Raya yang menjadi unggulan nasional, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali.

Masing-masing Kebun Raya memiliki keunggulan dan ciri khas-nya masing-masing, namun terdapat benang merah yang sama dari 4 Kebun Raya ini, yaitu semuanya memiliki udara yang sejuk, minim polusi dan kaya akan literasi edukasi keanekaragaman hayati Indonesia.

Menikmati udara sejuk di Kebun Raya dalam kondisi udara Ibu Kota Jakarta yang sedang tidak bagus bisa menjadi alternatif liburan singkat yang kini banyak digemari masyarakat.

Masyarakat Jabodetabek banyak memilih melakukan liburan di tempat wisata terdekat, salah satu yang menjadi favorit yakni Kebun Raya Bogor.

Memiliki area seluas 87 Hektar, merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola Kebun Raya Bogor untuk menjaga mutu kebersihan dan layanan.

Apabila ingin sedikit lebih jauh, dapat menuju ke Kebun Raya Cibodas, dengan perjalanan selama 2-3 jam dari Jakarta, masyarakat ibukota akan mendapatkan suasana Kebun Raya dengan kontur bukit & pegunungan sehingga dapat merasakan suasana sejuk khas pegunungan.

Di Jawa Timur, terdapat Kebun Raya Purwodadi yang dekat dengan Surabaya dan Malang. Dimana ini merupakan Kebun Raya dengan karakter dataran rendah tropis.

Sedangkan di Bali, terdapat Kebun Raya Bali di dataran tinggi kawasan Bedugul, sehingga suasana sejuk khas pegunungan seperti di Kebun Raya Cibodas dapat dirasakan.

PT Mitra Natura Raya yang mengelola 4 Kebun Raya di Indonesia tersebut tentu saja terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Tidak hanya dalam segi pelayanan dan eduwisata, namun keberadaan Kebun Raya juga memiliki fungsi Jasa Lingkungan yang sangat berguna di tengah-tengah maraknya polusi udara akhir-akhir ini.(*)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah

20 June 2024 - 17:30 WIB

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah (ist)

5 Spot Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Kebun Raya Purwodadi

19 June 2024 - 17:51 WIB

Kebun Raya Cibodas / Istimewa

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)

Peringati Hari Buku Nasional, Kebun Raya Purwodadi Gelar Piknik Literasi

21 May 2024 - 20:17 WIB

Piknik Literasi Kebun Raya Purwodadi (Foto: Istimewa)

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Trending di Food & Travel