Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Nasional · 25 Feb 2023 18:05 WIB

Jokowi Instruksikan Stok Pangan Harus Cukup, Agar Ramadan Bisa Tentram


 Jokowi Instruksikan Stok Pangan Harus Cukup, Agar Ramadan Bisa Tentram Perbesar

Jakarta, AQLNews.id – Menjelang bulan puasa, permintaan bahan panan biasanya meningkat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menginstruksikan kementerian/lembaga memastikan kecukupan stok pangan untuk kebutuhan Ramadan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dalam rapat terbatas, Presiden Jokowi mengumpulkan menteri koordinator perekonomian, menteri, Kapolri dan Bulog dan unsur unsur terkait untuk membahas stok pangan pada masa Ramadan.

Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga mengecek komoditas pangan. Mulai dari beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe rawit, daging sapi, dagung ayam, telur, dan gula. Khususnya dalam rangka ketersediaan bulan ramadhan dan idul fitri yang akan datang.

“Secara umum ketersediaan ini dalam neraca yang ada, neraca kita sampai dengan Maret Alhamdulillah cukup tersedia,” ujar Syahrul dipantau dari Youtube Sekretariat Kabinet, Jumat (24/2).

Selain itu, Jokowi meminta logistik untuk distribusi pangan dibenahi. Rantai distribusi pangan juga diperbaiki. Serta kerja sama dengan pemerintah daerah yakni gubernur, bupati, dan walikota.

Terkait beras, Syahrul menyebut akan ada panen raya dari sekitar satu juta hektar sawah. Panen tersebut terjadi pada Feberuari ini dan akan mulai masuk ke konsumen pada Maret.

Dengan demikian, diharapkan normalisasi harga beras bisa tercapai. Terkait minyak goreng, Syahrul mengatakan, bukan kompetensinya untuk menjawab terkait hal tersebut.

Meski begitu, dalam rapat dilaporkan bahwa stok minyak goreng akan mencukupi kebutuhan Ramadan. Selain itu, kerja sama dengan pengusaha juga akan dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan.

“Mudah mudahan dalam Ramadan dan Idul Fitri nanti semua bisa berjalan sesuai harapan,” imbuh Syahrul.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara

24 December 2023 - 07:28 WIB

Ganjar – Mahfud Serap Aspirasi Nelayan, Ini Fokus Utamanya

20 December 2023 - 18:23 WIB

Yonif 751/Vira Jaya Sakti Mendapat Kehormatan Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Acara Puncak Hari Juang TNI AD Jajaran Kodam XVII Cenderawasih

16 December 2023 - 16:08 WIB

Danyonif 751/VJS Apresiasi Letnan Barkah Berikan Listrik Gratis untuk Mama Rose di Sarmi

16 December 2023 - 12:01 WIB

Soft Launching Buku “CCTV Surga Tidak Pernah Mati Lampu”

7 November 2023 - 00:05 WIB

Perjuangan Seorang Wanita Cantik Demi Nelayan Indonesia

6 November 2023 - 10:14 WIB

Estiana Fithriana Dewi S.Sos
Trending di Nasional