Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Entertainment · 13 Jan 2024 09:20 WIB

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun


 Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun Perbesar

AQLNews.id, Bogor — Inovasi baru Kebun Raya dalam rangka mengkampanyekan pesan edukasi dan kecintaan lingkungan sesuai dengan perkembangan zaman adalah dengan menggelar pertunjukan musik yang bernama Sunset di Kebun, sebuah pagelaran musik bersifat calming & intimate di dalam Kebun Raya.

“Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan,” ujar GM Event Kebun Raya, Abi Irawan

“Yang membedakan Sunset di Kebun dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema Intimate Music show with Green, Conservation and Culture Movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisipun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya,” sambung Abi

Sunset di Kebun digelar pertama kali pada bulan Mei Tahun 2022 lalu di Kebun Raya Bogor , dengan tidak lebih dari 2000 penonton, dimana memang jumlah penonton dibatasi untuk mendapatkan kesan intimate tersebut.

Untuk mendukung fungsi dan marwah Kebun Raya, Sunset di Kebun mengkampanyekan Begonia sebagai plant hero, plant hero adalah program pengenalan tumbuhan kepada para pengunjung Sunset di Kebun, sehingga pengunjung dapat mengenal dan mengetahui pentingnya tumbuhan bagi kehidupan.

“Plant hero diperkenalkan melalui papan informasi tumbuhan dan dipamerkan kepada penonton yang juga dibagikan kepada penonton dan musisi yang tampil di atas panggung,” jelas Abi

Sunset di Kebun pada phase 1 mengangkat tumbuhan Nepenthes, tumbuhan tersebut dikenal dengan nama “Kantong Semar”. Termasuk tumbuhan karnivora yang menghasilkan kantong untuk menjebak dan menangkap mangsa berupa serangga maupun binatang kecil lainnya untuk mendapatkan nutrisi.

Menurutnya, 60% spesies nepenthes terdapat di Indonesia dari keseluruhan dunia, Nepenthes dapat ditemukan di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Kantong semar termasuk salah satu tumbuhan yang terancam kepunahannya yang berfungsi sebagai salah satu parameter udara bersih pada ekosistem di alam.

Mengulang suksesnya Sunset di Kebun pada tahun 2022 lalu, pada tahun 2023 Sunset di Kebun kembali diselenggarakan sejumlah 3 kali dalam setahun dan lokasi penyelenggaraan pun bukan hanya di Kebun Raya Bogor, melainkan di Kebun Raya Bali pada bulan Juli, Kebun Raya Purwodadi pada bulan Agustus, dan Kebun Raya Cibodas pada bulan Oktober.

Dimana tiap Sunset di Kebun tersebut mengusung plant hero sebagai media untuk menumbuhkan cinta tanaman terhadap penonton.

Musisi-musisi yang tampil pada gelaran Sunset di Kebun juga menjadi duta konservasi yang akan menyuarakan pesan-pesan menjaga konservasi alam kepada pengunjung. Sejumlah musisi baik lokal maupun nasional akan menjadi line up Sunset di Kebun tahun 2024 ini.

Memasuki 2024 ini, Sunset di Kebun akan diselenggarakan sebanyak 8 kali di empat Kebun Raya, akan terbagi menjadi dua phase, phase pertama untuk Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan pada tanggal 2- 3 Maret 2024, Kebun Raya Bogor tanggal 27-28 April 2024, Kebun Raya Bali tanggal 25-26 Mei 2024, dan Kebun Raya Cibodas tanggal 29-30 Juni 2024.

“Untuk phase kedua akan kami informasikan lebih lanjut,” tutup Abi

Sunset di Kebun diharapkan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengunjung Kebun Raya dan mengajak kepada generasi muda untuk datang ke Kebun Raya, mencintai alam, turut berpartisipasi menjaga Kebun Raya sebagai benteng terakhir konservasi untuk menyelamatkan koleksi flora di Indonesia yang keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan.(*)

 

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep ‘Warisan Hijau’

16 July 2024 - 13:28 WIB

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep 'Warisan Hijau'

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

16 July 2024 - 13:24 WIB

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah

20 June 2024 - 17:30 WIB

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah (ist)

5 Spot Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Kebun Raya Purwodadi

19 June 2024 - 17:51 WIB

Kebun Raya Cibodas / Istimewa

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)
Trending di Entertainment