Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Regional ยท 28 Oct 2023 20:25 WIB

Kolaborasi Rayendra Center dan Gerkatin Gelar Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan


 Kolaborasi Rayendra Center dan Gerkatin Gelar Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan Perbesar

Bogor, AQLNews.id – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pengurus Rayendra Center berkolaborasi dengan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Kota Bogor menggelar acara bertajuk “Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan”.

Acara yang dilangsungkan di salah satu kafe di kawasan Jalan Kolonel Ahmad Syam atau Pandu Raya, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor ini diikuti puluhan pemuda penyandang tuna rungu.

Founder Rayendra Center Dr. dr. Raendi Rayendra, spKK, M.Kes, FINSDV, FAADV menyampaikan, kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi sekaligus memberikan wadah bagi para kaum muda khususnya “teman tuli” untuk menyampaikan aspirasi, ide kreatif, dan harapan bagi Kota Bogor tercinta.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda di tahun ini, kebetulan saya mengajak teman-teman dari Gerkatin Cabang Bogor yang kebetulan hadir juga ketuanya dari DPD Jawa Barat. Jadi, tujuan saya mengajak komunitas “teman tuli” ini, kita ingin mewadahi bahwa ada komunitas lain yang perlu kita rangkul. Semua kalangan khususnya pemuda kita wadahi aspirasinya agar bisa ikut serta dalam pembangunan dan perjalanan kita kedepannya,” kata Rayendra, Sabtu (28/10/2023).

Menurut dokter ahli kesehatan kulit ini, pergerakan pemuda itu telah ada sebelum terjadi kemerdekaan. Bahkan kemerdekaan Indonesia, diawali dari adanya gerakan sumpah pemuda dari para pemuda Indonesia.

Namun, di sisi lain masih ada komunitas kepemudaan yang mungkin ingin ikut berperan seperti dalam hal pembangunan, tetapi memiliki keterbatasan.

“Karena itu saya ajak supaya kedepannya dari kelompok atau komunitas seperti ini bisa ikut serta dalam proses apapun kegiatan ataupun pembangunan di sebuah kota,” ujarnya.

Rayendra mengatakan akan terus berkolaborasi dengan komunitas kepemudaan, seperti halnya Gerkatin Kota Bogor. “Kedepan saya akan terus berkolaborasi dan bersilaturahmi dengan kelompok atau komunitas seperti ini,” tandasnya.

Salah seorang perwakilan penyelenggara, Tiara Safitri mengatakan, acara ini diikuti sekitar 70 pemuda pemudi dari Gerkatin dan kegiatan ini perdana yang mengajak komunitas tuna rungu di Hari Sumpah Pemuda di Kota Bogor.

“Sesuai tema yang diusung hari ini, “Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan” di sini kita ingin dengar visi misi mereka dan tanggapan mereka untuk Kota Bogor kedepannya seperti apa,” tuturnya.

Tiara mengatakan, dengan adanya kegiatan ini aspirasi- aspirasi mereka yang selama ini terpendam dan tidak pernah tahu bisa tersampaikan dalam wadah ini.

“Karena acara ini juga menjadi sebuah wadah, aspirasi untuk teman-teman Gerkatin dan aspirasinya nanti akan kita tampung sebagai masukan untuk kemajuan Kota Bogor yang lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep ‘Warisan Hijau’

16 July 2024 - 13:28 WIB

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep 'Warisan Hijau'

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

16 July 2024 - 13:24 WIB

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

Bentuk Kepedulian, Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Berikan Donasi Bulan Dana ke PMI Kota Bogor

8 January 2024 - 17:50 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Trending di Food & Travel