Apakah Anda sedang mencari cara untuk menerapkan program loyalitas pelanggan guna mempertahankan pelanggan Anda?
Program loyalitas dapat efektif dalam mempertahankan pelanggan Anda, tetapi juga dapat berbiaya tinggi untuk perusahaan dalam hal implementasi dan pemeliharaan. Oleh karena itu, Perusahaan harus mempertimbangkan secara matang tentang manfaat dan biaya dari program loyalitas sebelum meluncurkannya untuk pelanggan.
Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis program loyalitas yang cocok untuk bisnis Anda.
Apa itu Program Loyalitas Pelanggan?
Program loyalitas pelanggan adalah sebuah program penghargaan atau apresiasi yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya untuk menjaga agar mereka tetap setia dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.
Anda mungkin secara tidak langsung pernah menemukan contoh program loyalitas penghargaan yang sudah diimplementasikan oleh sebuah produk atau layanan.
Misalnya, program membership, poin, cashback, diskon, hingga buy one get one. Biasanya, program loyalitas pelanggan ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama agar terus membeli produk atau layanan perusahaan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan program loyalitas pelanggan juga didesain untuk menarik perhatian pelanggan baru.
Dalam praktiknya, program loyalitas pelanggan biasanya dibuat sesuai kreativitas dari masing-masing perusahaan. Program rewards yang ditawarkan oleh Perusahaan misalnya, dibuat untuk mendorong pelanggan melakukan repeat order di produk tertentu. Program ini biasanya melibatkan pelanggan yang mengumpulkan poin atau kredit untuk pembelian yang dilakukan di toko online perusahaan, yang kemudian dapat ditukarkan dengan diskon, produk atau layanan gratis, penawaran eksklusif, atau keuntungan lainnya.
Tujuan dari program loyalitas pelanggan adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan, mendorong mereka untuk terus berbisnis dan mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan bisnis Anda.
4 Jenis Program Loyalitas Pelanggan
Beberapa program loyalitas pelanggan secara konvensional biasanya menggunakan kartu membership dan memerlukan pelanggan untuk menunjukkan kartu tersebut pada saat pembelian untuk mendapatkan hadiah. Sedangkan, untuk program loyalitas pelanggan secara digital akan melibatkan pelanggan membuat akun secara online untuk melacak hadiah mereka dan menebusnya. Berikut adalah empat jenis program yang dapat Anda eksplorasi:
- Program Point-based loyalty
Program Point-based loyalty memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dari pembelian atau tindakan lain, seperti mendaftar akun atau merujuk teman. Poin-poin ini kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah, seperti diskon, produk atau layanan gratis, penawaran eksklusif, atau keuntungan lainnya. Dalam Point-based loyalty, pelanggan mendapatkan sejumlah poin tertentu untuk setiap Rupiah yang mereka belanjakan, atau sejumlah poin tetap untuk tindakan tertentu.
Program Point-based loyalty dapat efektif dalam mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak dengan Perusahaan Anda, karena pelanggan tahu akan mendapatkan imbalan. Point-based loyalty juga dapat digunakan untuk mendorong pelanggan untuk mencoba produk atau layanan baru. Namun, penting untuk menetapkan rasio poin yang dapat diperoleh dan opsi poin yang bisa di redeem secara efektif, agar program ini dapat berkelanjutan dan menguntungkan bagi Perusahaan Anda.
- Program Tiered loyalty
Tiered loyalty adalah jenis program loyalitas pelanggan di mana pelanggan ditempatkan dalam berbagai tingkatan berdasarkan tingkat pengeluaran atau aktivitas mereka. Setiap tingkat menawarkan berbagai macam hadiah atau manfaat yang berbeda, dengan tingkatan yang lebih tinggi menawarkan lebih banyak hadiah atau keuntungan yang lebih baik. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak atau lebih aktif dengan perusahaan guna mencapai tingkat yang lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak hadiah.
Program Tiered loyalty dapat menjadi cara yang baik untuk memberi imbalan kepada pelanggan yang paling setia, namun, juga penting untuk menjadi transparan dan jelas tentang bagaimana pelanggan dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi, bagaimana hadiah diatur, dan kriteria untuk tetap berada dalam tingkat tersebut sehingga mereka dapat memahami apa yang mereka usahakan dan bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan program tersebut.
- Program Value loyalty
Program Value loyalty memberi imbalan kepada pelanggan berdasarkan nilai yang mereka berikan kepada perusahaan, bukan hanya frekuensi pembelian atau jumlah yang dihabiskan. Tujuannya adalah untuk membuat hubungan emosional antara Perusahaan dengan pelanggannya.
Sebagai contoh, perusahaan dapat menggunakan data pelanggan untuk mengidentifikasi pelanggan yang paling mungkin merujuk teman dan keluarga, dan kemudian memberi mereka imbalan atas hal tersebut. Atau perusahaan mungkin menggunakan data untuk mengidentifikasi pelanggan yang paling mungkin melakukan pembelian besar, dan kemudian menawarkan mereka tawaran khusus atau akses eksklusif ke produk tersebut sebagai insentif.
Program Value loyalty dapat sangat efektif bagi Perusahaan karena program ini dapat mengarahkan imbalan kepada pelanggan yang paling berharga bagi perusahaan, daripada hanya memberi imbalan kepada semua pelanggan tanpa memperhatikan nilai pelanggan bagi bisnis perusahaan.
- Program Paid Loyalty
Program paid loyalty adalah memberi imbalan kepada pelanggan berdasarkan jumlah uang yang mereka habiskan dengan perusahaan. Jenis program ini sering digunakan untuk mendorong pelanggan agar menghabiskan lebih banyak uang dengan produk tertentu.
Dalam program berbasis paid loyalty, pelanggan biasanya mendapatkan imbalan atau keuntungan saat mencapai ambang batas pengeluaran tertentu. Misalnya, perusahaan mungkin menawarkan diskon pada pembelian mendatang bagi pelanggan yang menghabiskan Rp 500.000 atau lebih, atau memberi hadiah gratis kepada pelanggan yang menghabiskan Rp 1.000.000 atau lebih.
Program paid loyalty dapat efektif dalam mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian yang lebih besar atau menghabiskan lebih banyak secara umum, karena mereka tahu mereka akan mendapatkan imbalan. Program ini juga dapat digunakan untuk mendorong pelanggan mencoba produk atau layanan baru.
Program loyalitas pelanggan yang efektif harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan serta pelanggan. Namun, penting untuk memilih program yang tepat untuk Perusahaan dan pelanggan, serta untuk terus memantau kinerja program demi efektivitasnya. Kuncinya adalah memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan, menetapkan tujuan dan kriteria yang jelas, dan berkomunikasi dengan efektif kepada pelanggan untuk menjadikan program ini saling menguntungkan. Gunakan selalu platform Omni Channel dari Mimin untuk menunjang operasional bisnis Anda.
TENTANG MIMIN
Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.
Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.
Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:
Mimin
PT. Admin Pintar Kita
Graha Charis Siem
Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta
Phone: +62 81382650221
Email: halo@mimin.io