Program loyalitas mendorong retensi pelanggan, yang dapat membantu bisnis Anda menghasilkan pendapatan, meningkatkan referensi, dan mencapai pertumbuhan secara keseluruhan. Biasanya, sebuah perusahaan menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari pelanggan yang sudah ada, yang memerlukan biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan dari pelanggan baru. Meskipun perusahaan tetap harus berinvestasi dalam akuisisi pelanggan, bisnis re-marketing adalah yang ideal.
Selain peningkatan retensi pelanggan, program loyalitas juga mengumpulkan data pelanggan berharga dan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan. Anda dapat menggunakan data ini untuk mendapatkan wawasan pelanggan dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Mengingat banyaknya manfaat dari program loyalitas, bagi Anda yang belum melakukannya seharusnya mempertimbangkan untuk mengadopsi program tersebut di unit bisnis Anda.
Apa itu program loyalitas?
Program loyalitas adalah strategi retensi pelanggan yang mengakui dan memberi hadiah kepada pelanggan yang melakukan transaksi dengan perusahaan secara berulang. Perusahaan harus mempersonalisasi program-program mereka untuk pelanggan dan memberikan sentuhan personal dengan komunikasi rutin melalui telepon, email, pesan suara, atau melalui WhatsApp.
Meskipun Anda harus menghasilkan prospek baru dan menjual produk kepada pelanggan, program loyalitas juga memainkan peran penting dalam strategi pemasaran Anda. Untuk meningkatkan adopsi dan retensi anggota program loyalitas, Anda harus menggunakan kreativitas dan pengetahuan basis pelanggan Anda untuk mempromosikan program dengan efektif.
Anda juga harus merevisi, meningkatkan, dan menyederhanakan program loyalitas Anda. Ketika berhasil, program itu sendiri menjadi alasan bagi prospek untuk menjadi pelanggan. Program loyalitas terbaik adalah bagaimana mendorong pelanggan untuk membeli dari perusahaan Anda, bahkan ketika kompetitor Anda menawarkan produk dan layanan yang lebih murah.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dengan WhatsApp Blast
Sudah banyak Perusahaan yang memanfaatkan teknologi, di antaranya adalah penerapan Whatsapp untuk menangani loyalitas layanan pelanggan dengan tujuan untuk memperluas penjualan dengan cara melakukan promosi yang terukur, dan relevan.
Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan WhatsApp:
Penawaran Secara Personal
Kebanyakan pelanggan merasa lebih dekat dengan brand yang berkomunikasi melalui aplikasi obrolan/pesan. WhatsApp memungkinkan brand terhubung dengan pelanggan secara praktis. Oleh karena itu, menciptakan interaksi yang relevan dan dipersonalisasi dapat berkontribusi besar dalam membangun hubungan yang baik.
Seperti hal nya seseorang yang akan membuat hadiah khusus untuk teman, brand juga dapat membuat pengalaman yang membangun hubungan dan mendorong loyalitas pelanggan. Misalnya, seorang pelanggan mengklik iklan Facebook yang mengarah ke WhatsApp. Pelanggan ingin menanyakan tentang sebuah celana. WhatsApp yang ditenagai oleh chatbot dapat berbicara dengan pelanggan Anda secara cepat dan menjawab pertanyaan pelanggan. Dalam kasus ini, mari katakan bahwa pelanggan mencari celana biru dongker dan chatbot menyampaikan permintaan tersebut. Chatbot juga dapat mengajukan pertanyaan untuk mengembangkan informasi pribadi yang dapat digunakan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.
Dalam kasus ini, brand berhasil mengumpulkan tanggal lahir, kesukaan, dan domisili pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.
Pemberitahuan Keranjang Belanja yang belum terselesaikan
Pemberitahuan otomatis tentang keranjang belanja yang belum diselesaikan sampai ke proses transaksi adalah cara yang sangat baik untuk membangun hubungan pelanggan yang baik dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada. Misalnya, seorang pelanggan menjelajahi situs web Anda dan meninggalkannya. Anda dapat mengirimkan pemberitahuan tentang keranjang yang ditinggalkan kepada pelanggan berdasarkan riwayat perambatan mereka untuk mengajak mereka kembali ke situs web Anda.
Dalam kasus ini, pelanggan kembali ke situs, melihat produk, menambahkannya ke keranjang, dan menyelesaikan pembelian. Saat Anda mengirimkan pemberitahuan berdasarkan riwayat pencarian atau pembelian sebelumnya, pelanggan merasa terhubung karena mereka tahu bahwa Anda mengawasi perilaku mereka. Ini membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
Hadiah Membership
Program hadiah dapat mempercepat siklus loyalitas yang dapat dilakukan dengan efektif melalui WhatsApp. Tujuannya adalah mengembangkan sistem strategis di mana pelanggan terus-menerus diberi informasi tentang hadiah dan termotivasi untuk mendapatkannya.
Namun, untuk memaksimalkan loyalitas dan profitabilitas, Anda harus memberikan nilai terbaik kepada pelanggan terbaik. Untuk menentukan ini, penting untuk membagi dan menargetkan kembali pelanggan berdasarkan nilai loyalitas pelanggan. Mulailah program loyalitas WhatsApp Anda dengan mengirimkan pemberitahuan loyalitas kepada pelanggan Anda.
Sebagai contoh, seorang pelanggan harus berbelanja hingga nilai tertentu untuk berlangganan program membership Anda. Program membership menawarkan sejumlah manfaat seperti akses harga lebih murah, pengiriman gratis, dan lainnya. Anda dapat mengirimkan pemberitahuan yang menginformasikan pelanggan tentang transaksi mereka, dan berapa nilai lagi yang harus mereka tempuh untuk mendapatkan program membership. Hal ini dapat memotivasi pelanggan untuk dapat berlangganan program membership Anda.
Kemudahan Transaksi
Pelanggan menyukai kemudahan saat mereka menjelajah, berbelanja, bahkan membayar. Alur yang berkelanjutan ini penting bagi pelanggan yang memiliki perhatian yang singkat. Oleh karena itu, daripada mengarahkan pelanggan ke situs web atau aplikasi Anda, Anda dapat membagikan tautan pembayaran digital melalui WhatsApp yang memungkinkan mereka menyelesaikan transaksi.
Setelah pelanggan merasa mudah dan nyaman saat berbelanja dengan Anda, mereka cenderung tetap loyal karena mendapatkan pengalaman berbelanja yang mudah,cepat dan efisien. Anda juga dapat menggunakan pemberitahuan setelah transaksi untuk menginformasikan pelanggan tentang pembelian. Ini tidak hanya akan meningkatkan loyalitas pelanggan tetapi juga retensi.
Layanan Pelanggan & Feedback
Feedback pelanggan adalah bagian penting dari setiap bisnis. Ini memungkinkan Anda mengidentifikasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Anda dapat mengumpulkan feedback, menjalankan survei, dan melakukan layanan pelanggan melalui WhatsApp. Misalnya, setelah seorang pelanggan menerima produk yang dibeli, pesan otomatis dapat dipicu untuk mengumpulkan feedback tentang pembelian terbaru mereka.
Jika ada keluhan, itu dapat diatasi dengan cepat. chatbot dapat memahami pertanyaan pelanggan dan mengatasi mereka secara real-time. Sebagai contoh, jika seorang pelanggan menanyakan tracking pengiriman barang mereka, bot dapat segera mengirimkan pesan dengan nomor pesanan.
brand yang memberikan layanan pelanggan yang baik dan menerima feedback pelanggan dengan serius akhirnya dapat bekerja untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Semakin bahagia seorang pelanggan dengan pembeliannya, semakin mungkin mereka akan membeli dari Anda di masa depan.
Loyalitas pelanggan memainkan peran besar dalam kemampuan Anda untuk bertahan dalam jangka panjang. Brand yang berhasil, meluangkan waktu untuk memahami pembelinya dan menciptakan pengalaman unik yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Membangun strategi yang kuat untuk membangun hubungan ini membutuhkan waktu dan usaha. Apakah Anda siap untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan WhatsApp? Hubungi kami sekarang.
TENTANG MIMIN
Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.
Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.
Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:
Mimin
PT. Admin Pintar Kita
Graha Charis Siem
Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta
Phone: +62 81382650221
Email: halo@mimin.io