Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 11:02 WIB

Mengenal Lebih Dekat Tentang Omnichannel Customer Engagement


 Mengenal Lebih Dekat Tentang Omnichannel Customer Engagement Perbesar

Dunia digital terus berkembang, dengan saluran-saluran baru hadir setiap hari. Di sisi lain, inovasi dilakukan pada saluran-saluran yang sudah ada berdasarkan perilaku pengguna. Mulai dari media sosial, blog, pemasaran influencer, hingga podcast, semua Perusahaan berusaha hadir di setiap titik kontak pelanggan dan terlibat dengan audiens yang lebih besar pada waktu tertentu. Momentum ini penuh dengan peluang tetapi juga bisa jadi sebuah kekacauan, karena memanfaatkan begitu banyak saluran bisa menjadi pengalaman yang sangat membingungkan bagi tim marketing Anda.

Ini tidak hanya berarti mengidentifikasi saluran yang tepat, tetapi juga mengelolanya, mengukur hasil, dan mengambil wawasan yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran. Mengoptimalkan pengalaman menghasilkan pengembalian investasi yang lebih tinggi.

Di sinilah Omnichannel Customer Engagement  dari Mimin hadir sebagai solusi yang didukung teknologi terkini. Pendekatan pemasaran ini membantu Anda dengan menawarkan pengalaman terbaik di berbagai saluran pemasaran dengan mengelola semuanya hanya dari satu platform.

 

Apa itu Customer Engagement 

Customer engagement adalah suatu hubungan komunikasi atau interaksi yang terjalin antara pelanggan dengan perusahaan melalui berbagai kanal saluran (omni channel). Customer engagement disebut sebagai keterikatan pelanggan, dimana hubungan komunikasi antara perusahaan dan konsumen dapat terjalin dengan baik.

Hal itu dapat terjadi melalui suatu interaksi, reaksi, atau pengalaman yang dirasakan pelanggan secara keseluruhan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka pilih.

Keterlibatan pelanggan dalam proses pemasaran ini dapat melalui offline yaitu interaksi secara langsung dengan perusahaan atau melalui online dengan menggunakan berbagai saluran layanan pelanggan Omni Channel.

Mengapa Customer Engagement itu menjadi hal yang penting

Customer engagement adalah hal yang sangat penting. Karena,  hubungan yang terjalin dengan baik antara perusahaan dan pelanggan akan mengikat pelanggan untuk terus memilih produk atau layanan jasa perusahaan secara berkala.

Ketika Anda berhasil menciptakan sebuah customer engagement dalam jangka panjang, pelanggan akan merasa puas dengan layanan pelanggan atau customer service yang Anda berikan.

Salah satu indikator keterlibatan pelanggan yang berhasil adalah loyalitas pelanggan menjadi semakin meningkat pada produk dan layanan jasa Anda.

 

Tantangan Omni Channel Customer Engagement yang Dihadapi oleh Perusahaan

  •  Membangun kualitas dan konsistensi.

 

Salah satu masalah umum yang dihadapi perusahaan adalah menjaga kualitas dan konsistensi di semua saluran omni channel. Seringkali, beberapa perusahaan membangun jejak digital di media sosial yang mengesankan, tetapi pengalaman di toko online mereka mungkin tidak sebanding. Ini menciptakan kebingungan di kalangan konsumen, yang merasa kecewa dan akan meninggalkan Anda. Solusi omnichannel adalah membantu perusahaan merancang pengalaman yang konsisten dan baik di semua saluran.

  • Memanfaatkan data.

Setiap saluran menghasilkan data baru hampir setiap menit dalam sehari. Data adalah aset yang berharga bagi perusahaan. Namun, data ini tidak memberikan dampak yang berarti tanpa menggabungkannya dengan penjualan, produk, dan data pengguna. Customer engagement yang didukung kecerdasan buatan (AI) dapat dengan mudah mengintegrasikan semua data, sehingga dapat memanfaatkan data yang telah diraih untuk mempengaruhi keputusan pemasaran, penjualan, dan bisnis utama.

  •  Mengaktifkan komunikasi.

Tantangan besar bagi perusahaan adalah menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan setelah mereka melakukan pembelian. Perusahaan membutuhkan alur kerja yang tepat untuk memfasilitasi komunikasi yang bermakna yang dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dan menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian.

Pelanggan tidak boleh melihat komunikasi sebagai spam, tetapi sebagai sesuatu yang berguna untuk perjalanan konsumen mereka. Platform omnichannel Customer engagement Mimin memfasilitasi komunikasi dengan mudah dan dengan cara yang kreatif. 

  • Mempersonalisasi pengalaman pelanggan.

Pelanggan lebih cenderung terlibat dengan perusahaan jika komunikasi, rekomendasi produk, dan aktivitas lainnya relevan dengan kebutuhan dan minat mereka. Mengelola pengalaman pelanggan secara berskala adalah tugas yang besar, tetapi platform Platform omnichannel Customer engagement Mimin menawarkan solusi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

  • Keterlibatan secara real time

Harapan di kalangan pelanggan terus meningkat sedemikian rupa sehingga mereka mencari respons dalam hitungan detik. Ini bisa terjadi di berbagai platform media sosial, toko online, saluran pesan, dan situs web/aplikasi. Pengalaman omnichannel memungkinkan Perusahaan untuk memenuhi harapan ini dan merespons pelanggan dengan layanan yang cepat dan efisien.

 

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

PT. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis