Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Regional · 2 Aug 2023 12:43 WIB

Mengenal Tumbuhan Nepenthes bersama Kebun Raya Bogor


 Mengenal Tumbuhan Nepenthes bersama Kebun Raya Bogor Perbesar

AQLNews.id, Bogor — Kebun Raya Bogor berdiri pada tahun 1817 tepatnya tanggal 18 Mei dengan nama ‘sLands Plantentuin te Buitenzorg yang dipelopori oleh Prof. C.G.C Reinwardt.

Profesor ini pada tanggal 15 April 1817 mengusulkan kepada Gubernur Jendral Hindia Belanda di Batavia G.A.G.P. Baron van der Capellen untuk mendirikan Kebun Botani sebagai lokasi penelitian dan pengembangan tanaman benilai ekonomi serta tanaman endemik Nusantara.

Kebun Raya Bogor terletak di kota hujan saat ini menjadi pusat penelitian dan pusat konservasi ex-situ tumbuhan terbesar di Indonesia. Dengan luas area sekitar 87 hektar, kini usia kebun raya di kota hujan tersebut menginjak 206 tahun.

Keberadaannya dari waktu ke waktu senantiasa setia menjadi benteng terakhir penyelamatan flora di negeri ini.

Sejak tiga tahun lalu tepatnya tahun 2020 PT.Mitra Natura Raya (PT. MNR) dipercaya oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai mitra pengelola di empat kebun raya, yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bedugul, dan Kebun Raya Purwodadi.

Berbagai inovasi terus dilakukan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan edukasi pendidikan tumbuhan hayati kepada masyarakat atau pengunjung yang datang ke Kebun Raya.

Salah satunya adalah menambahkan beberapa taman tematik di kebun raya seperti taman nepenthes atau kita biasa menyebutnya kantung semar. Kebun Raya bersama dengan PT MNR terus mengembangkan program-program edukasi sebagai bentuk komitmennya dalam menjaga konservasi dan pelestraian alam di kebun raya, serta meningkatkan fungsi edukasi kebun raya.

Program yang baru-baru ini diluncurkan oleh kebun raya adalah Kelas Edukasi Nepenthes atau Kantung Semar, berbagai jenis nepenthes yang berasal dari lima kepulauan di Indonesia lebih lanjut akan dijelaskan di dalam Kelas Edukasi Nepenthes di kebun raya.

“Kelas Edukasi yang baru diluncurkan di Kebun Raya yaitu Kelas Edukasi Tanaman Karnivora atau yang biasa kita kenal dengan Tanaman Kantong Semar (Nepenthes). Dengan adanya program Kelas Edukasi ini diharapkan bisa memberikan output yang baik bagi para masyarakat untuk mengetahui jenis tanaman karnivora yaitu nepenthes,” ungkap GM Corporate Communication PT. Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin, Rabu (2/8/23)

Selain itu, di Kebun Raya Bogor juga diajarkan bagaimana cara memperbanyak tanaman nepenthes dengan cara generatif, atau perbanyakan secara kultur jaringan atau dengan perbanyakan secara vegetatif (setek batang dan cangkok)

Sedikit informasi tentang tumbuhan carnivora atau nepenthes pertama kali dikenalkan oleh J.P Breyne pada tahun 1689, nama ini diambil dari bahasa Yunani: ne = tidak, dan penthos = kesedihan. Nama Nepenthes juga diambil dari sebuah nama gelas anggur.

Nepenthes ini juga dikenal sebagai tumbuhan Pitcher tropis atau Piala Monyet. Nama piala monyet diberikan karena orang jaman dulu mengira monyet minum dari tumbuhan ini. Nepenthes merupakan tumbuhan karnivora monotypic yang tumbuh merambat dan banyak ditemukan di Cina Selatan, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

“Semoga dengan adanya kelas nepenthes di kebun raya bogor dapat meningkatkan fungsi edukasi yang ada di kebun raya sehingga menambah pengetahuan tentang tanaman nepenthes pada masyarakat,” pungkas Zaenal

(Dims) 

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

Bentuk Kepedulian, Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Berikan Donasi Bulan Dana ke PMI Kota Bogor

8 January 2024 - 17:50 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Artis Senior, Anjasmara Belajar Langsung Soal Tanaman Hias di Kebun Raya Bogor

10 December 2023 - 18:56 WIB

Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

8 December 2023 - 21:08 WIB

Trending di Regional