Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 28 Aug 2023 12:36 WIB

Meningkatkan Proses Order E-Commerce dengan WhatsApp


 Meningkatkan Proses Order E-Commerce dengan WhatsApp Perbesar

Dalam era digital yang semakin maju, e-commerce telah menjadi salah satu pilar utama dalam dunia bisnis. Pelanggan tidak lagi terbatas pada berbelanja di toko fisik, mereka sekarang dapat memilih dan membeli produk favorit mereka secara online dengan mudah. Dalam upaya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan nyaman, banyak bisnis e-commerce kini menggunakan WhatsApp sebagai alat untuk mempercepat dan memudahkan proses order. Artikel ini akan membahas bagaimana WhatsApp telah menjadi kunci dalam meningkatkan proses order di dunia e-commerce.

  1. Komunikasi Langsung dengan Pelanggan

Salah satu alasan utama mengapa WhatsApp telah menjadi alat yang sangat efektif dalam proses order e-commerce adalah karena memberikan kemampuan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Dengan saluran ini, pelanggan dapat mengajukan pertanyaan tentang produk, meminta rekomendasi, dan mendapatkan informasi yang diperlukan sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Ini membantu dalam mengurangi hambatan komunikasi yang mungkin timbul saat pelanggan hanya mengandalkan deskripsi produk di platform e-commerce.

  1. Pengaturan Order yang Lebih Mudah

WhatsApp memungkinkan bisnis e-commerce untuk mengatur pesanan dengan lebih mudah. Pelanggan dapat mengirimkan daftar produk yang ingin mereka beli ke dalam percakapan WhatsApp, dan kemudian staf atau bot dapat membantu dalam menghitung total harga, memeriksa ketersediaan stok, dan menginformasikan metode pembayaran yang tersedia. Ini mengurangi kerumitan bagi pelanggan yang harus berpindah-pindah antara halaman produk dan keranjang belanja.

  1. Customisasi dan Personalisasi

Dengan menggunakan WhatsApp untuk proses order, bisnis e-commerce dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan. Mereka dapat mengakomodasi permintaan khusus, memberikan rekomendasi berdasarkan riwayat pembelian, dan bahkan mengirim pesan ucapan selamat atau penawaran khusus kepada pelanggan setia. Semua ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih erat antara bisnis dan pelanggan.

  1. Memudahkan Pembayaran

Salah satu tahap krusial dalam proses order adalah pembayaran. WhatsApp telah mengintegrasikan berbagai opsi pembayaran langsung ke dalam platform mereka, memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah melalui tautan yang diberikan. Ini menghindarkan pelanggan dari kesulitan mencari informasi rekening bank atau mengisi formulir pembayaran yang rumit. Dengan beberapa ketukan di layar ponsel mereka, pembayaran dapat diselesaikan.

  1. Pengiriman dan Pelacakan Pesanan

Setelah pembayaran dilakukan, bisnis e-commerce dapat menggunakan WhatsApp untuk memberikan informasi tentang pengiriman dan pelacakan pesanan. Mereka dapat mengirimkan nomor pelacakan dan menginformasikan perkiraan waktu pengiriman kepada pelanggan. Ini memberikan transparansi yang sangat dihargai oleh pelanggan, karena mereka dapat mengikuti status pesanan mereka dengan mudah.

  1. Pemanfaatan Teknologi Chatbot

Banyak bisnis e-commerce telah mengadopsi teknologi chatbot dalam percakapan WhatsApp mereka. Chatbot dapat memberikan respons cepat terhadap pertanyaan umum pelanggan, membantu dalam memilih produk, dan bahkan memandu proses order secara otomatis. Ini tidak hanya menghemat waktu bagi pelanggan, tetapi juga memberikan dukungan 24/7 tanpa perlu adanya interaksi manusia secara langsung.

  1. Menangani Keluhan dan Pertanyaan Pasca-Pembelian

WhatsApp tidak hanya bermanfaat dalam proses order, tetapi juga dapat digunakan untuk menangani keluhan atau pertanyaan pasca-pembelian. Jika pelanggan menghadapi masalah dengan produk yang mereka beli, mereka dapat dengan cepat menghubungi bisnis melalui WhatsApp untuk mendapatkan bantuan. Ini membantu dalam menjaga kepuasan pelanggan dan membangun reputasi bisnis yang baik.

WhatsApp telah membuktikan dirinya sebagai alat yang luar biasa dalam meningkatkan proses order di industri e-commerce. Dari komunikasi langsung dengan pelanggan hingga kemampuan untuk mengatur pesanan, memudahkan pembayaran, dan memberikan pengalaman yang lebih personal, WhatsApp telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Dengan memanfaatkan teknologi ini dengan bijak, bisnis e-commerce dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan lebih memuaskan, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan mereka di pasar digital yang semakin kompetitif.

 

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains