Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Nasional · 27 Feb 2023 22:05 WIB

Menjelang Puasa Pemerintah Jamin Pasokan 12 Pangan Strategis


 Menjelang Puasa Pemerintah Jamin Pasokan 12 Pangan Strategis Perbesar

Jakarta, AQLNews.id – Pemerintah menjamin ketersediaan 12 komoditas pangan strategis menjelang puasa-lebara, pada periode Maret-April tahun ini. Ke-12 komoditas itu adalah beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur ayam ras, gula konsumsi dan minyak goreng.

Selain memastikan pasokan selalu tersedia,pemerintah juga mengupayakan agar harga komoditas-komodiras tersebut terjangkau oleh masyarakat. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai rapat terbatas terkait persiapan ketersediaan pangan menghadapi bulan Ramadan 1444 H/2023 M, kemarin.

Syahrul menyampaikan, di dalam rapat, Presiden secara detail memeriksa satu per satu dari 12 komoditi pangan. Pengecekan dilakukan secara khusus dalam rangka memastikan ketersediaan komoditas-komoditas itu menjelang Puasa-Lebaran 2023.

Untuk mendukung upaya menjaga pasokan, kata Syahrul harus didukung aspek logistik terutama distribusi dan pemerintah terus membenahi aspek itu. Pemerintah pusat juga melibatkan kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk menjamin pasokan 12 komoditas pangan tersebut.

“Bapak Presiden betul-betul meminta semua menteri memberikan perhatian yang serius sehingga tidak ada hambatan dalam ketersediaan-ketersediaan sampai di daerah,”tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul juga menjelaskan saat ratas juga dibahas upaya normalisasi harga beras. Secara khusus, Presiden Jokowi mengecek secara detail jumlah panen padi untuk menjaga ketersediaan beras menjelang Puasa-Lebaran 2023.

“Dalam kesempatan itu, Syahrul juga menjelaskan saat ratas juga dibahas upaya normalisasi harga beras. Secara khusus, Presiden Jokowi mengecek secara detail jumlah panen padi untuk menjaga ketersediaan beras menjelang Puasa-Lebaran 2023.

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah

20 June 2024 - 17:30 WIB

Manjakan Pengunjung, Kebun Raya Purwodadi Hadirkan Instalasi Gembok Cinta dan Program Berbungah-bungah (ist)

5 Spot Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Kebun Raya Purwodadi

19 June 2024 - 17:51 WIB

Kebun Raya Cibodas / Istimewa

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)

Peringati Hari Buku Nasional, Kebun Raya Purwodadi Gelar Piknik Literasi

21 May 2024 - 20:17 WIB

Piknik Literasi Kebun Raya Purwodadi (Foto: Istimewa)

Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara

24 December 2023 - 07:28 WIB

Trending di Nasional