Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 13:33 WIB

Optimalisasi Strategi Personalized Marketing Bagi Industri Di Bidang Kesehatan


 Optimalisasi Strategi Personalized Marketing Bagi Industri Di Bidang Kesehatan Perbesar

Secara konvensional, strategi pemasaran kesehatan mengandalkan penargetan demografis, yang melibatkan pengelompokan pasien berdasarkan karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi. Penargetan demografis menjadi pendekatan yang populer karena relatif sederhana dan hemat biaya, tetapi kurang memiliki ketepatan dan personalisasi yang dibutuhkan oleh pasien saat ini.

Dengan kemampuan digital melalui platform OMNI Channel, penargetan yang dipersonalisasi untuk individu muncul sebagai pendekatan yang diunggulkan dalam pemasaran kesehatan.

 

Alasan Beralih dari Penargetan Demografis ke Penargetan Dipersonalisasi

Dengan memanfaatkan data konsumen, teknologi, dan analisis data, industri dibidang kesehatan dapat merancang pesan dan konten unik untuk jenis pasien tertentu yang paling mungkin untuk berkonversi. Pesan-pesan personal ini menarik bagi kebutuhan yang tepat dari masing-masing individu, membangun kepercayaan dan kredibilitas sejak awal.

Penggunaan teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI) , telah memungkinkan pemasar kesehatan untuk mengumpulkan dan menganalisis jumlah data yang besar, menjadikan penargetan yang dipersonalisasi menjadi kenyataan.

Algoritma AI dapat menganalisis perilaku konsumen, preferensi, dan demografi untuk memberikan pesan dan pengalaman yang sangat relevan yang dibutuhkan untuk konversi.

Sebagai contoh, chatbot yang ditenagai AI di platform OMNI Channel penyedia layanan kesehatan dapat memberikan akses instan kepada pasien untuk informasi dan dukungan yang telah dipersonalisasi, seperti jadwal rawat jalan, medical checkup. Riwayat transaksi pembayaran dan lain sebagainya.

Industri kesehatan sedang mengalami perubahan cepat, layanan percakapan yang dibutuhkan pasien, seperti chatbot yang dibahas di atas, semakin umum digunakan, memungkinkan pasien untuk mendapatkan informasi relevan tentang kesehatan mereka dan membuat janji dalam cara yang cepat dan tidak terhalang oleh waktu.

Selain itu, data yang dihasilkan oleh  platform OMNI Channel memungkinkan pemasar di industri Kesehatan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang audiens target mereka.

 

strategi Personalized Marketing yang dapat diterapkan dalam Industri Kesehatan

Personalized Marketing dapat sangat efektif karena dapat membantu membangun hubungan yang lebih dekat dengan pasien, meningkatkan pengalaman pasien, dan memberikan perawatan yang lebih tepat sasaran. Berikut adalah beberapa strategi Personalized Marketing yang dapat diterapkan dalam industri kesehatan:

 

Segmentasi Berdasarkan Jenis Layanan: 

Kelompokkan pasien berdasarkan jenis layanan yang mereka butuhkan atau sudah mereka terima. Misalnya, pasien bedah, pasien rawat jalan, pasien rawat inap, dan sebagainya. Setiap kelompok dapat menerima komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pengingat Janji dan Jadwal: 

Kirimkan pengingat janji melalui pesan pribadi kepada pasien, termasuk informasi penting seperti tanggal, waktu, dan tempat janji. Ini dapat membantu mengurangi jumlah pasien yang lupa atau terlambat datang.

Pengiriman Informasi Sebelum dan Sesudah Perawatan:

Sebelum pasien menjalani prosedur atau perawatan tertentu, kirimkan informasi yang relevan tentang persiapan, langkah-langkah, dan harapan setelahnya. Setelah perawatan, kirimkan panduan pemulihan dan tindakan lanjutan yang harus diambil.

Personalisasi Berdasarkan Riwayat Medis: 

Anda memiliki akses ke riwayat medis pasien, gunakan informasi ini untuk memberikan saran atau tindakan yang spesifik untuk kondisi kesehatan mereka. Misalnya, kirimkan pesan pengingat untuk pemeriksaan berkala atau obat yang harus diambil.

Pesanan Obat dan Pemeriksaan: 

Fasilitasi pemesanan obat atau janji pemeriksaan melalui platform WhatsApp. Pasien dapat mengirimkan pesan untuk memesan ulang obat atau membuat janji tanpa harus datang langsung atau menelepon.

Edukasi Kesehatan: 

Kirimkan konten edukatif tentang kondisi kesehatan tertentu atau gaya hidup sehat yang relevan dengan pasien. Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman pasien tentang kesehatan mereka.

Saran dan Tindakan Preventif: 

Berdasarkan riwayat medis pasien, kirimkan saran preventif atau rekomendasi untuk menjaga kesehatan mereka. Misalnya, saran tentang pola makan, olahraga, dan perawatan mandiri.

Ucapan Selamat atau Ulang Tahun:

Anda memiliki data tanggal lahir pasien, kirimkan ucapan selamat ulang tahun atau pesan perayaan khusus. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih personal.

 

Survey Kepuasan Pasien: 

Setelah pasien menerima perawatan, kirimkan tautan ke survei kepuasan pasien untuk mengumpulkan feedback. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Personalisasi Nama dan Tim Medis:

Pastikan untuk menggunakan nama pasien dan nama tim medis yang relevan dalam komunikasi Anda. Ini akan membantu menciptakan nuansa personal dan mengesankan.

Ingatlah bahwa privasi dan keamanan data sangat penting dalam penggunaan Personalized Marketing. Pastikan bahwa semua komunikasi dan penggunaan data pribadi sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku.

 

Personalisasikan Strategi Pemasaran Kesehatan Anda dengan Mimin

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis. Hubungi kami hari ini untuk informasi lebih lanjut.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis