Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 20 Nov 2023 13:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya


 Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya Perbesar

Perkembangan yang terus meningkat dalam teknologi financial (Fintech) adalah bukti betapa pentingnya layanan pembayaran online Payment Gateway bagi bisnis Anda sebagai solusi pembayaran dan untuk mempermudah proses transaksi pembayaran online. Payment Gateway dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam bertransaksi, dimana dengan menggunakan Payment Gateway, pengguna dimudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa harus datang ke ATM maupun ke Bank.

Payment Gateway adalah teknologi yang sangat penting dalam pemrosesan pembayaran B2B transaksi online yang berfungsi sebagai perantara antara pedagang (merchant) dan bank atau lembaga keuangan, memfasilitasi otorisasi dan pemrosesan pembayaran melalui berbagai metode, seperti kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran digital. Payment gateway memastikan bahwa transaksi tersebut aman, efisien, dan sesuai dengan berbagai standar keamanan, seperti standar PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), untuk melindungi informasi pelanggan dan data keuangan.

Artikel ini akan membahas apa itu Payment gateway, bagaimana fungsinya dalam memfasilitasi transaksi online, dan berbagai cara bagaimana Anda dapat mengintegrasikan bisnis Anda dengan Payment Gateway.

Apa itu Payment Gateway?

Dalam istilah sederhana, Payment Gateway adalah jembatan yang berfungsi sebagai perantara antara rekening bank atau pedagang (merchant) dengan payment processor (pemroses pembayaran). Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan informasi transaksi secara virtual melalui layanan pembayaran web dan API, atau langsung melalui channel pembayaran. Payment Gateway memungkinkan transaksi pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran modern channel digital lainnya untuk diproses dengan aman dan efisien. Payment gateway sangat penting dalam ekosistem bisnis online karena memastikan bahwa transaksi pembayaran berjalan dengan lancar dan aman.

Bagaimana Payment gateway bisa menguntungkan bisnis Anda?

  • Kemudahan

Ketika Anda mengintegrasikan Payment gateway, berarti pelanggan Anda dapat melakukan pembelian kapan saja. Payment gateway menjadikan solusi checkout online bagi pelanggan Anda. Salah satu keuntungan utama dari penggunaan payment gateway adalah ketersediaan layanan pembayaran 24 jam. Dengan integrasi yang tepat, pelanggan dapat melakukan pembelian dan pembayaran secara online tanpa terkendala oleh waktu atau hari kerja. Dengan demikian, integrasi payment gateway membantu Anda untuk meningkatkan aksesibilitas produk atau layanan bisnis, meningkatkan potensi penjualan, dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan Anda.

  • Pembayaran yang lebih cepat

Dengan sistem yang terintegrasi dengan payment gateway, Anda dapat menerima pembayaran secara langsung dan real-time dari pelanggan Anda. Kemampuan untuk menerima pembayaran online dengan cepat dan mudah melalui payment gateway memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, terutama di tingkat global. Hal Ini tentu saja membuka peluang ekspansi dan pertumbuhan bisnis.

  • Keamanan yang lebih baik

Kekhawatiran utama pelanggan dalam pembayaran online adalah keamanan. Untuk memastikan bahwa transaksi online berjalan dengan aman Payment gateway menggunakan enkripsi untuk melindungi informasi sensitif selama transfer data. Dengan ini, data seperti nomor kartu kredit dienkripsi sehingga jika ada upaya pencurian data, pihak yang mencoba tidak akan dapat mengakses informasi yang sesungguhnya. Selain itu, Payment gateway sering kali memerlukan langkah autentikasi tambahan, seperti memasukkan kata sandi atau bentuk verifikasi lainnya sebelum menyelesaikan transaksi. Ini membantu mencegah penipuan, dan hanya pemilik sah dari akun yang dapat melakukan pembelian. Dengan fitur-fitur ini, payment gateway memastikan bahwa transaksi online tetap aman dan dapat dipercaya, menjaga keamanan informasi pelanggan dan data keuangan, serta mengurangi risiko penipuan dan insiden keamanan lainnya. 

  • Data transaksi real-time

Finpay memproses data transaksi secara real-time dan mengirimkan respon kembali ke sistem Anda. Dengan respon ini, penjual dapat mengetahui status pembayaran secara real time dan proses transaksi keuangan dapat terekam. Tak hanya itu, penjual juga dapat menyelesaikan lebih dari satu transaksi dalam satu hari tanpa harus pulang pergi ke bank untuk menerima pembayaran. Ini membuat proses transaksi juga menjadi lebih efisien dan cepat, sehingga meningkatkan kenyamanan bagi konsumen.

 

Menggunakan Payment Gateway secara signifikan mengurangi risiko penipuan kartu kredit karena tiga alasan utama:

  1. Informasi kartu pelanggan dikirim dengan aman ke Payment Gateway. Ini berarti hanya pelanggan dan bank penerbit yang dapat mengakses informasi kartu mereka.
  2. Setiap Payment Gateway harus mematuhi standar PCI DSS, yang berarti mereka mengikuti standar keamanan khusus untuk memastikan informasi kartu pelanggan diproses dengan aman.
  3. Layanan kartu menyediakan protokol keamanan tambahan yang disebut 3-D Secure. Protokol Ini mengharuskan pelanggan membuat kata sandi untuk setiap kartu yang mereka gunakan untuk melakukan pembayaran online.

Bagaimana pembayaran online berfungsi dengan payment gateway?

Salah satu contoh payment gateway terbaik di Indonesia adalah Finpay Payment Gateway. Sebagai salah satu anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Finpay berfungsi sebagai web link atau URL unik yang dibuat oleh sistem Finpay untuk memfasilitasi transaksi pembayaran. Fitur ini memberikan kemudahan bagi bisnis atau individu dalam melakukan pembayaran dari pelanggan tanpa memerlukan integrasi gateway pembayaran khusus atau terminal penjualan fisik.Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan bagaimana pembayaran online berfungsi dengan Finpay Link:

 

Pembuatan

Pedagang atau penyedia layanan pembayaran membuat tautan pembayaran melalui sistem atau platform pembayaran online mereka. Tautan ini khusus untuk transaksi atau faktur tertentu.

Pengiriman

Tautan pembayaran kemudian dibagikan kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti email, SMS, aplikasi perpesanan, atau disematkan pada situs web. Tautan ini dapat disertakan dalam faktur, pengingat pembayaran, atau bentuk komunikasi lain yang meminta pembayaran.

 

Mengklik dan Mengarahkan

Ketika pelanggan menerima tautan pembayaran, mereka dapat mengkliknya, yang akan mengarahkan mereka ke halaman pembayaran yang aman yang dihosting oleh penyedia layanan pembayaran. Halaman ini biasanya berisi rincian tentang transaksi, seperti jumlah yang harus dibayar, deskripsi barang, dan instruksi tambahan.

 

Pemrosesan Pembayaran: 

Pada halaman pembayaran, pelanggan diminta untuk memasukkan rincian pembayaran mereka, seperti informasi kartu kredit, rincian rekening bank, atau memilih metode pembayaran alternatif, tergantung pada opsi yang tersedia. Penyedia layanan pembayaran dengan aman memproses transaksi pembayaran secara real-time atau pada waktu yang ditentukan kemudian.

Konfirmasi: 

Setelah pembayaran diproses, pelanggan menerima pesan konfirmasi atau tanda terima yang menunjukkan bahwa pembayaran berhasil. Pedagang atau penyedia layanan pembayaran juga menerima pemberitahuan tentang pembayaran tersebut.

Secara keseluruhan, Payment Gateway menyederhanakan proses pembayaran online bagi bisnis Anda dan membantu Anda menerima pembayaran dengan lebih cepat, lebih nyaman, dan lebih aman. Jika Anda mempertimbangkan menerima pembayaran online, atau ingin meningkatkan metode yang sudah Anda gunakan, maka Payment Gateway adalah yang Anda cari. Mulai daftar sekarang disini dan saatnya Anda menikmati pembayaran otomatis Bersama Finpay Link.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Panduan Lengkap Payment Gateway Di Indonesia

20 November 2023 - 13:08 WIB

Trending di Bisnis