Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains ยท 23 Jul 2023 09:57 WIB

Penerapan Strategi CRM Omni Channel Dan Keuntungannya Bagi Perusahaan


 Penerapan Strategi CRM Omni Channel Dan Keuntungannya Bagi Perusahaan Perbesar

AQLNews.id – Jakarta, CRM Omni channel adalah suatu strategi yang memungkinkan pelanggan untuk memilih saluran komunikasi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Konsep ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi pelanggan, sementara perusahaan dapat mengintegrasikan informasi pelanggan di seluruh saluran untuk memberikan pengalaman yang personal dan relevan.

Bayangkan dua perusahaan, Perusahaan A dan Perusahaan B, yang memiliki pendekatan yang berbeda terhadap CRM omni channel. Perusahaan A telah mengadopsi konsep CRM omni channel dalam operasional bisnisnya. Dengan menggunakan platform khusus seperti Mimin, staf mereka dapat merespons pertanyaan dari pelanggan dengan cepat dan efisien. Seluruh pesan yang masuk dapat terlihat dan diatasi dalam satu platform yang terintegrasi. Dengan adanya fitur ini, pekerjaan staf terbagi dengan rata, tidak ada yang terlalu terbebani atau kehilangan jejak terhadap permintaan pelanggan.

Dalam konteks ini, pelanggan Perusahaan A merasa sangat puas dengan pelayanan yang mereka terima. Staf yang responsif dan kemampuan mereka untuk merespon melalui berbagai saluran komunikasi membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih baik. Sebagai hasilnya, pelanggan merasa dihargai dan mungkin akan menjadi pelanggan setia dalam jangka panjang.

Di sisi lain, Perusahaan B belum mengadopsi CRM omni channel dalam operasionalnya. Meskipun mereka juga menggunakan media sosial seperti Perusahaan A, staf mereka harus membuka dan memantau setiap akun bisnis di berbagai saluran komunikasi yang mereka gunakan. Hal ini tentu saja merepotkan dan tidak efisien. Dalam banyak kasus, pesan pelanggan mungkin terlewatkan atau terlambat direspons karena alur kerja yang tidak terintegrasi.

Akibatnya, pelanggan Perusahaan B mungkin merasa bahwa staf tidak responsif atau kurang perhatian terhadap kebutuhan mereka. Meskipun staf berusaha sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan pelanggan, kekurangan dalam pengelolaan saluran komunikasi membuat pengalaman pelanggan menjadi kurang memuaskan.

Jika Anda diberikan pilihan untuk memilih antara Perusahaan A dan Perusahaan B, tentu saja pilihan jatuh pada Perusahaan A. Mereka telah mengimplementasikan sistem CRM omni channel yang memungkinkan pekerjaan menjadi lebih efektif dan responsif terhadap pelanggan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun omni channel mirip dengan multi channel dalam hal penggunaan berbagai saluran komunikasi, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Omni channel memungkinkan integrasi yang sempurna di antara saluran komunikasi, sementara multi channel tidak memiliki kemampuan tersebut.

Tidak hanya itu, omni channel juga memberikan manfaat lainnya bagi perusahaan. Salah satu manfaatnya adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan menyediakan akses yang mudah dan layanan yang responsif di berbagai saluran komunikasi, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang memuaskan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mempertahankan pelanggan merupakan langkah penting untuk menjaga pertumbuhan dan stabilitas perusahaan.

Selain itu, CRM omni channel juga berperan dalam menarik pelanggan baru. Dengan memberikan kemudahan dalam memilih saluran komunikasi yang sesuai dengan preferensi mereka, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru. Dalam era digital ini, di mana pelanggan memiliki beragam pilihan dalam berinteraksi dengan perusahaan, kemudahan dan kepuasan pelanggan menjadi faktor penting dalam menarik minat mereka.

Dalam hal retensi pelanggan, CRM omni channel juga berperan penting. Dengan penggunaan teknologi dan data pelanggan yang terintegrasi di seluruh saluran, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang personal dan relevan. Misalnya, dengan menganalisis preferensi dan riwayat pembelian pelanggan, perusahaan dapat memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan mereka. Hal ini meningkatkan peluang untuk meningkatkan retensi pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Penerapan strategi CRM omni channel juga melibatkan kolaborasi antar tim di perusahaan. Tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan perlu bekerja secara terkoordinasi untuk menciptakan konsistensi dalam komunikasi dan pengalaman pelanggan di semua saluran. Dalam pengaturan CRM omni channel yang sukses, kolaborasi ini sangat penting untuk menghadirkan pengalaman yang mulus dan menyeluruh.

Tidak kalah pentingnya, teknologi juga berperan kunci dalam mewujudkan strategi CRM omni channel yang sukses. Dalam menghadapi tantangan kompleksitas yang terkait dengan berbagai saluran komunikasi, perusahaan perlu memanfaatkan teknologi inovatif seperti chatbot cerdas, analisis data, atau kecerdasan buatan untuk memperkuat pengalaman pelanggan. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi, merespons dengan cepat, dan memberikan solusi yang tepat kepada pelanggan.

Dalam dunia bisnis yang terus berubah dan berkembang, strategi CRM omni channel menjadi kunci dalam memenuhi harapan pelanggan dan mempertahankan daya saing perusahaan. Dengan memberikan pengalaman yang personal, responsif, dan terintegrasi di seluruh saluran komunikasi, perusahaan dapat menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, membangun loyalitas, dan mencapai keberhasilan jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk mengadopsi dan memperkuat strategi CRM omni channel agar dapat bersaing dan berkembang di era digital ini.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains