Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 23 Jul 2023 09:52 WIB

Pengertian & Manfaat CRM Omni Channel


 Pengertian & Manfaat CRM Omni Channel Perbesar

AQLNews.id – Jakarta, CRM Omni channel merupakan sebuah strategi yang memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan pengalaman pelanggan yang berkualitas tinggi melalui berbagai saluran komunikasi yang digunakan oleh pelanggan. Tidak seperti multichannel, omnichannel disini merupakan sebuah tahap evolusi yang lebih luas dari pada multichannel.

Kata “omnichannel” sendiri terdiri dari dua kata, yaitu “omni” dan “channel“. “Omni” berarti semua atau universal, sedangkan “channel” berarti saluran. Dalam konteks ini, “omnichannel” berarti menggabungkan semua saluran atau media, di mana pelanggan dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis melalui berbagai saluran seperti multichannel, namun dengan tingkat pengalaman pelanggan yang lebih baik dan tinggi.

Apa Manfaat dari CRM Omnichannel?

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan strategi CRM omnichannel, di antaranya:

  1. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Dengan memanfaatkan berbagai saluran dan platform, Anda dapat dengan mudah menjangkau pelanggan potensial. Dengan memberikan konsistensi dan kemudahan akses di semua saluran, Anda dapat menarik dan mempertahankan pangsa pasar yang lebih luas. Hal ini membantu dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dan pangsa pasar.

Sistem ini juga memungkinkan staf Anda untuk menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Selain itu, CRM omnichannel juga membantu staf Anda dalam melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu klik. Informasi data pelanggan akan tersimpan dengan rapi dalam sistem, sehingga staf Anda hanya perlu melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem untuk melakukan penawaran.

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

semua pelanggan bisa memilih saluran di CRM Omnichannel yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini tentu akan memberikan fleksibilitas dan juga kenyamanan bagi pelanggan. Informasi pelanggan juga diintegrasikan di seluruh saluran, sehingga perusahaan Anda bisa memberikan pengalaman yang relevan dan personal. Dengan menyediakan layanan yang responsive dan akses yang mudah, Anda bisa membangun loyalitas, menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, bahkan bisa meningkatkan retensi pelanggan. Hal ini membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menarik pelanggan baru, dan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan pelanggan.

  1. Meningkatkan Rekomendasi Pelanggan

Dengan menggunakan CRM omnichannel, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini berkontribusi pada peningkatan penjualan dan juga meningkatkan popularitas merek perusahaan Anda. Ketika pelanggan puas, merek perusahaan Anda akan semakin dikenal. Dari sinilah peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi lebih besar. Pelanggan yang puas juga akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekan-rekan mereka, yang berarti peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru semakin meningkat.

  1. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Dengan mengintegrasikan semua saluran komunikasi seperti telepon, email, dan media sosial dalam satu platform yang terpusat, tim Anda dapat dengan mudah melacak dan merespons permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien. Hal ini membantu menghindari kehilangan informasi atau tumpang tindih dalam tanggapan, yang dapat menghambat produktivitas.

Selain itu, dengan adanya integrasi data pelanggan di semua saluran, tim Anda dapat memahami preferensi dan riwayat pembelian pelanggan dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan tim Anda untuk memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan.

  1. Meningkatkan Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan adanya data pelanggan yang terintegrasi di berbagai saluran, perusahaan dapat menganalisis informasi tersebut untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan strategis. Dengan pemahaman yang mendalam tentang preferensi dan perilaku pelanggan, perusahaan dapat mengoptimalkan kampanye pemasaran, mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta meningkatkan efektivitas upaya penjualan. Dengan adanya akses ke data yang terkini dan terintegrasi, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi tren dan peluang pasar yang dapat digarap.

  1. Meningkatkan Kolaborasi Tim

CRM Omnichannel memungkinkan tim dalam perusahaan untuk bekerja secara sinergis dan berkolaborasi dengan lebih efisien. Dengan menggunakan platform komunikasi yang terpusat, tim dapat berbagi informasi dan mengkoordinasikan tugas dengan lebih mudah. Misalnya, jika seorang pelanggan mengajukan pertanyaan melalui media sosial, tim layanan pelanggan dapat melihat dan meresponsnya dengan cepat, sementara tim penjualan juga dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memberikan tawaran yang relevan. Kolaborasi yang baik antara departemen-departemen ini dapat meningkatkan efisiensi kerja secara keseluruhan dan memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan.

  1. Mengurangi Kesalahan dan Ketidakcocokan

Dalam lingkungan multichannel yang terpisah, sering kali terjadi kesalahan dan ketidakcocokan dalam komunikasi dengan pelanggan. Misalnya, seorang pelanggan dapat mengirim email dengan permintaan tertentu, namun ketika tim layanan pelanggan merespons melalui panggilan telepon, informasi yang disampaikan bisa tidak sesuai. Dengan CRM omni channel, semua saluran komunikasi terintegrasi, sehingga mengurangi kesalahan dan ketidakcocokan yang mungkin terjadi. Tim dapat melihat dan memahami riwayat komunikasi pelanggan secara menyeluruh, memastikan konsistensi dalam tanggapan, dan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pelanggan.

  1. Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Perilaku Konsumen

Dalam dunia yang terus berkembang dengan pesat, teknologi dan perilaku konsumen juga terus berubah. Dengan menggunakan strategi CRM omnichannel, perusahaan dapat tetap relevan dan terus mengikuti perkembangan tersebut. Perusahaan dapat menyesuaikan saluran komunikasi dan platform yang digunakan berdasarkan preferensi dan kebiasaan konsumen saat ini. Misalnya, jika konsumen cenderung menggunakan media sosial sebagai saluran utama untuk berinteraksi, perusahaan dapat mengoptimalkan kehadirannya di platform tersebut dan memberikan layanan yang responsif dan personal.

Mimin adalah platform CRM Omni Channel  yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B skala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains