Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan Anda mengidentifikasi history pelanggan ketika mengakses situs e-commerce. Termasuk didalamnya dapat menyimpan nama pelanggan, catatan transaksi dan dengan menggunakan cookie Anda dapat melacak minat belanja apa saja yang diinginkan oleh pelanggan Anda.
Personalized marketing kini menjadi kewajiban dalam sebuah strategi marketing. Pasar sudah mulai jenuh dengan teknik pemasaran konvensional yang menyamaratakan semua pelanggan atau calon pembeli. Personalisasi bisa menjadi faktor ‘pembeda’ dengan kompetitor yang menyajikan layanan serupa. Personalisasi yang dilakukan perusahaan dapat menciptakan pengalaman yang bersifat personal kepada seorang customer.
Pentingnya Personalisasi
Personalized Marketing adalah salah satu strategi CRM (Customer Relationship Management) yang digunakan untuk memasarkan produk secara pribadi atau individu, dan juga mendapat titik ukur interaksi antara brand dengan pelanggan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang tentu saja akan berpengaruh kepada penjualan.
Personalized marketing merupakan bagian dari proses otomatisasi yang dapat diperoleh dari pengumpulan data yang telah dihasilkan sebelumnya melalui interaksi berbasis data untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang bersifat customer-centric.
Teknologi pemasaran yang diotomatisasi ini dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan platform di Mimin. Melalui platform Mimin Anda dapat mengumpulkan data pelanggan mulai dari transaksi pembelian, ketertarikan akan sebuah produk, hingga yang lebih personal seperti nama, tanggal lahir dan domisili. Dengan data ini, Anda dapat mempersonalisasi pengalaman pengunjung dengan menunjukkan halaman atau tautan yang disesuaikan kepada mereka.
Anda bisa melakukan pemasaran dengan pendekatan secara personal kepada pelanggan Anda, seperti memberikan discount spesial di hari ulang tahun atau promo-promo lainnya yang sesuai dengan minat pelanggan Anda hingga penawaran yang kemungkinan besar akan mereka minati.
Salah satu bentuk personalized marketing yang dapat diterapkan adalah menyebut nama pelanggan Anda. Dengan menyebut nama pelanggan akan memberikan sentuhan personal dalam interaksi, karena pada dasarnya pelanggan akan sangat senang apabila disebutkan nama nya. Strategi seperti ini dan ditambah dengan penggunaan intonasi kata yang sesuai akan membangun komunikasi yang baik dan terlihat lebih profesional.
Ada banyak keuntungan menggunakan personalized marketing dalam bisnis Anda. Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih akurat, lebih banyak engagement, dan tentunya lebih banyak penjualan.
Berikut adalah manfaat dan keuntungan dari menerapkan personalized marketing dalam bisnis Anda.
- Iklan yang Lebih Akurat
Bagi pelanggan iklan akan dapat mengganggu hal ini dapat terjadi karena rendahnya tingkat penargetan dalam campaign. Dengan personalized marketing, pendekatannya jauh lebih akurat dan menemukan pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat.
- Engagement Meningkat
Keuntungan lain dari personalized marketing adalah meningkatnya tingkat engagement terhadap brand. Pelanggan akan merasa diperhatikan dan diperlukan secara personal. Membangun strategi one-to-one Marketing akan meningkatkan kredibilitas dan interaksi yang lebih erat dengan pelanggan guna menciptakan peluang penjualan yang berkelanjutan.
3. Meningkatkan Penjualan
Membuat campaign dengan melakukan pendekatan secara personal, akan membuat campaign Anda lebih relevan dan sesuai dengan target market penjualan. Dengan mendapatkan informasi yang cukup dan data yang akurat Anda dapat membuat campaign yang bersifat personal dan memang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, karena pada akhirnya keputusan pembelian ada di tangan pelanggan Anda.
Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis.
Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B skala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.