Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 25 Jul 2023 16:09 WIB

Seberapa kuat Chatbot? Pelajari Mengapa Perusahaan Membutuhkan Chatbot


 Seberapa kuat Chatbot? Pelajari Mengapa Perusahaan Membutuhkan Chatbot Perbesar

AQLNews.id – Jika Anda ingin memperluas cakupan bisnis, memulai perusahaan baru, atau mencari peluang penjualan, Anda tidak boleh melewatkan asisten virtual yang selalu aktif  yaitu Chatbot! Mungkin Anda pernah mendengarnya atau benar-benar menggunakannya, tetapi Anda dapat membaca artikel ini untuk memberi Anda pemahaman yang lebih dalam tentang cara menggunakan chatbot di platform chat paling populer saat ini.

Dalam beberapa dekade terakhir, chat telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari institusi swasta hingga pemerintah, media sosial dan saluran perpesanan telah menjadi kunci komunikasi dan kerjasama kerja saat ini. Jumlah total pengguna media sosial aktif di seluruh dunia adalah 4,2 miliar. Dengan kata lain, hingga 53,6% populasi dunia menggunakan media sosial. Facebook, platform media sosial terbesar di dunia, menunjukkan bahwa ada 1,3 miliar pengguna Messenger yang berinteraksi dengan 40 juta brand dan bisnis setiap bulannya. Sementara WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia. Dengan popularitas tersebut, perusahaan dapat menggunakan alat perpesanan untuk terhubung dengan pelanggan potensial, dan mereka dapat mendorong promosi atau penawaran khusus kepada pelanggan secara massal.

Menginstal chatbot pada platform pilihan pelanggan dapat berfungsi sebagai customer service untuk menyelesaikan pertanyaan pelanggan secara instan, menghasilkan prospek untuk menjangkau pelanggan potensial, keterlibatan kembali untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand, dan mendorong pembelian dengan kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Apa itu Chatbot?

Chatbot adalah jenis perangkat lunak yang dapat membantu pelanggan dengan mengotomatiskan percakapan dan berinteraksi dengan mereka melalui platform perpesanan. 

Mengingat pengguna aktif yang berkembang pesat, banyak pelanggan yang menghabiskan berjam-jam sehari menggunakan media sosial di seluruh platform, tidak mengherankan bahwa chatbot di Messenger dan WhatsApp telah menjadi inti dari perdagangan percakapan global.

Jenis chatbot apa saja ?

Chatbot mampu membalas setiap pesan secara instan dan 24 jam, Menggunakan chatbot di platform perpesanan dapat mengotomatiskan alur percakapan dengan pelanggan, memproses pesan dan pertanyaan dalam jumlah besar sekaligus, dan membantu memberikan respons instan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih optimal.

FAQ chatbotSelain memberikan balasan dasar, chatbot juga dapat mengatur balasan otomatis untuk pertanyaan umum. Ketika kata kunci pertanyaan terdeteksi, chatbot akan secara otomatis mengirimkan jawaban yang telah ditetapkan kepada pengguna. Juga, jumlah pertanyaan tidak terbatas. FAQ chatbot dapat sangat mengurangi pekerjaan tim layanan pelanggan.

 

NLP chatbotAnda dapat meningkatkan kecerdasan chatbot FAQ Anda dengan mengintegrasikan dengan bahasa natural. Jadi, saat pengguna memasukkan kalimat tanpa mencocokkan kata kunci apa pun di sumber data, sistem akan tetap dapat mengarahkan pengguna ke hasil yang diinginkan dengan menggunakan mesin NLP untuk menganalisis maksud dari input pengguna

Chatbot dengan live chat – Ketika chatbot menemukan pertanyaan yang tidak dapat dijawab, chatbot dengan fungsi live chat dapat langsung mengarahkan percakapan ke customer service pelanggan terkait untuk diproses. Ini memungkinkan perusahaan untuk menangani pertanyaan pelanggan dengan lebih efektif.

Mengapa sebuah brands membutuhkan chatbot?

Chatbot memainkan peran penting dalam sebuah pemasaran, mulai dari pra-penjualan hingga meningkatkan brand exposure. Chatbot dapat memberikan informasi produk selama perjalanan pembelian pelanggan untuk meningkatkan keinginan pelanggan mulai dari membeli, proses belanja hingga layanan purna jual dan strategi remarketing.

Pra-penjualan – Perusahaan dapat menggunakan konten pemasaran yang menarik sebagai saluran bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan chatbot, mendorong pelanggan untuk memulai percakapan dengan chatbot, dan kemudian membangun interaksi antara brand dan pelanggan. Hal ini memungkinkan pelanggan mengetahui lebih banyak informasi brand dan sepenuhnya memahami produk sebelum membeli. Chatbot juga dapat membantu membangun citra brand yang baik.

Tingkatkan pengalaman berbelanja – Menggunakan chatbot, Anda dapat dengan mudah mengatur template untuk merespons pelanggan dengan cepat 24 jam tanpa membiarkan mereka menunggu, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan secara otomatis menawarkan kode diskon untuk mengarahkan pelanggan agar melanjutkan pembelian! Layanan pelanggan otomatis juga dapat membantu perusahaan mengurangi beban tim layanan pelanggan.

Layanan after sales – Berbagai chatbot dapat membantu pelanggan melacak pesanan secara online, tracking pengiriman produk, tracking pengembalian dan penukaran, dll, tanpa menunggu tim layanan pelanggan membalas satu per satu. Ini memungkinkan pelanggan untuk memeriksa history pembelian mereka kapan saja, di mana saja, dan meningkatkan pengalaman pelanggan yang akan membuat konsumen lebih loyal terhadap brand tersebut.

Remarketing –  Chatbot dapat mengumpulkan data percakapan dan mengelompokkan pelanggan melalui pemberian tag, sehingga perusahaan dapat dengan mudah menargetkan grup audiens yang tepat dan mengirimkan pesan remarketing untuk mendorong hasil. Kirim lebih sedikit pesan dengan akurasi lebih tinggi dan raih strategi pemasaran bebas spam!

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B skala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Tunggu apa lagi, ayo digitalisasi bisnismu ke arah yang menguntungkan.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains