Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 7 Dec 2023 09:12 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda


 Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda Perbesar

Keamanan transaksi online adalah aspek yang sangat penting dalam ekosistem bisnis digital. Berbagai tindakan keamanan diimplementasikan untuk melindungi data sensitif dan mengurangi risiko penipuan.
Dalam memilih sistem pembayaran online yang aman untuk kebutuhan bisnis sangat penting untuk menjaga keamanan informasi dan transaksi pelanggan
Finpay sebagai payment gateway terpercaya di Indonesia telah berkomitmen untuk menyediakan layanan pembayaran online seperti kartu kredit, virtual account, direct debit, transfer bank, QRIS, dan virtual account yang aman dan memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Standar keamanan transaksi online di Indonesia

Keamanan pembayaran atau transaksi secara online di Indonesia menjadi prioritas utama untuk melindungi informasi sensitif pengguna dan menghindari risiko kecurangan. Beberapa langkah keamanan yang umumnya diimplementasikan oleh penyedia layanan pembayaran online di Indonesia meliputi :

  • SSL (Secure Socket Layer

Penggunaan SSL pada situs web atau aplikasi untuk mengenkripsi data yang dikirimkan antara server dan pengguna, sehingga mencegah pihak ketiga yang tidak berwenang untuk mengakses atau mencuri informasi sensitif.

  • Tokenisasi 

Menggunakan tokenisasi untuk menyembunyikan data kartu kredit atau debit pengguna. Informasi sensitif ini digantikan dengan token unik yang sulit diuraikan oleh pihak yang tidak berwenang.

  • 2 – Faktor Otentikasi (2FA)

Menambahkan lapisan keamanan dengan mengimplementasikan 2FA, yang memerlukan verifikasi tambahan selain password, seperti kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi otentikasi.

  • Anti – Fraud Detection 

Penggunaan sistem deteksi kecurangan yang canggih untuk memantau pola transaksi dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti transaksi yang tidak biasa atau dilakukan dari lokasi yang jauh.

  • PCI DSS Compliance

Mematuhi standar keamanan industri seperti PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk melindungi data pembayaran, terutama jika melibatkan penggunaan kartu kredit atau debit.

  • Monitoring Aktivitas Pengguna 

Melakukan pemantauan aktif terhadap aktivitas pengguna, termasuk login yang mencurigakan atau percobaan akses yang tidak sah.

  • Enkripsi End-to-End :

Menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi data selama proses transaksi, mulai dari perangkat pengguna hingga server pembayaran.

  • Memiliki izin operasional dari Bank Indonesia

Finpay memiliki delapan lisensi dari Bank Indonesia, yaitu: Acquiring Kartu Debit; Kepesertaan BI-RTGS; Penyelenggaraan Pengiriman Uang; Penerbit Uang Elektronik; Penyelenggara Payment Gateway; Penyelenggara QRIS MPM & CPM; Penyelenggara Dompet Elektronik; Penyedia Layanan Open API (SNAP). 

Selain lisensi dari Bank Indonesia, Finnet juga ditunjuk sebagai Lembaga Persepsi Lainnya oleh Kementerian Keuangan Indonesia dan distributor resmi e-Meterai oleh Peruri.

 

Penting untuk diingat bahwa keamanan online adalah tanggung jawab bersama antara penyedia layanan pembayaran, penjual, dan pengguna. Pengguna juga harus selalu waspada terhadap praktik keamanan, seperti tidak menggunakan jaringan Wi-Fi umum untuk transaksi yang sensitif dan memeriksa laporan transaksi secara berkala.

Saatnya membangun kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan sistem transaksi pembayaran otomatis yang aman dan terpercaya. Daftar Finpay sekarang dan berikan pengalaman transaksi pelanggan jadi lebih aman bersama Finpay.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Panduan Lengkap Payment Gateway Di Indonesia

20 November 2023 - 13:08 WIB

Trending di Bisnis