Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 28 Aug 2023 12:29 WIB

Strategi Personalized Marketing untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Dunia Pendidikan


 Strategi Personalized Marketing untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Dunia Pendidikan Perbesar

Pendidikan adalah pondasi penting dalam membentuk generasi masa depan yang berpotensi dan kompetitif. Dalam era digital yang terus berkembang, sekolah perlu mengadopsi strategi pemasaran yang lebih personal untuk memenuhi kebutuhan individual siswa dan orang tua. Personalized marketing atau pemasaran yang dipersonalisasi adalah pendekatan yang efektif dalam membentuk pengalaman yang relevan dan berarti bagi setiap pemangku kepentingan di sekolah. Artikel ini akan menjelaskan konsep strategi personalized marketing untuk sekolah serta manfaat yang bisa diperoleh.

Pemahaman tentang Personalized Marketing

Personalized marketing melibatkan penyampaian pesan, konten, dan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi, kebutuhan, dan perilaku individu. Di dunia pendidikan, strategi ini berarti memahami karakteristik unik setiap siswa dan orang tua, lalu mengambil langkah-langkah untuk memberikan informasi yang relevan dan mendalam kepada mereka.

Langkah-Langkah Implementasi Strategi Personalized Marketing di Sekolah

  1. Analisis Data Siswa dan Orang Tua

Pengumpulan data siswa dan orang tua adalah langkah awal yang penting. Data ini bisa mencakup prestasi akademik, minat, hobi, dan preferensi komunikasi. Dengan informasi ini, sekolah dapat mengidentifikasi pola dan kebutuhan yang berbeda.

  1. Segmentasi Pemangku Kepentingan

Berdasarkan data yang terkumpul, sekolah dapat membuat segmentasi pemangku kepentingan. Misalnya, siswa yang berbakat dalam sains dapat menerima informasi tentang program ekstrakurikuler ilmiah, sementara orang tua yang tertarik dengan pendekatan pendidikan holistik dapat diberikan informasi tentang program seni dan olahraga.

  1. Konten yang Disesuaikan

Setelah segmentasi, konten harus disesuaikan dengan setiap kelompok. Kirimkan informasi tentang program akademik, kegiatan ekstrakurikuler, atau bahkan pengumuman penting dalam format yang menarik dan sesuai dengan preferensi masing-masing kelompok.

  1. Komunikasi Melalui Berbagai Saluran

Menggunakan berbagai saluran komunikasi seperti email, media sosial, dan platform WhatsApp  memungkinkan sekolah untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan sesuai dengan preferensi mereka. Beberapa orang tua mungkin lebih responsif terhadap WhatsApp, sementara siswa mungkin lebih aktif di media sosial.

  1. Penggunaan Teknologi dan Kecerdasan Buatan (AI)

Teknologi seperti kecerdasan buatan memungkinkan sekolah untuk mengotomatisasi proses personalisasi. Misalnya, sistem pembelajaran adaptif dapat mengidentifikasi area yang perlu diperkuat pada setiap siswa dan memberikan materi yang sesuai.

  1. Mengundang Partisipasi Aktif

Selain mengirim informasi, melibatkan pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan dapat meningkatkan ikatan mereka dengan sekolah. Misalnya, sekolah dapat mengadakan survei tentang jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diminati oleh siswa.

Manfaat Strategi Personalized Marketing

  1. Peningkatan Keterlibatan

Dengan memberikan konten yang relevan dan bermanfaat, siswa dan orang tua akan lebih cenderung terlibat dalam kehidupan sekolah. Ini juga menciptakan ikatan yang lebih kuat antara sekolah dan pemangku kepentingan.

  1. Peningkatan Retensi Siswa

Personalized marketing dapat membantu mengidentifikasi siswa yang berisiko tinggi untuk keluar dan memberikan intervensi yang tepat waktu. Hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat retensi siswa.

  1. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Dengan memahami kebutuhan individu, sekolah dapat mengembangkan program pendidikan yang lebih sesuai dan efektif, membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang disediakan.

  1. Meningkatkan Citra Sekolah

Pendekatan yang personal menciptakan kesan positif bahwa sekolah benar-benar peduli terhadap perkembangan dan kesuksesan setiap siswa. Ini dapat meningkatkan citra sekolah di mata orang tua dan masyarakat.

Dalam dunia yang semakin terhubung dan canggih, sekolah perlu mengadopsi strategi pemasaran yang lebih personal untuk memenuhi harapan dan kebutuhan siswa dan orang tua. Personalized marketing bukan hanya tentang mengirim pesan yang disesuaikan, tetapi juga tentang menciptakan ikatan emosional dan pengalaman yang bermakna. Dengan melibatkan teknologi dan data yang tepat, strategi ini dapat menjadi alat yang ampuh dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik di sekolah.

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng

21 May 2024 - 20:37 WIB

Bentuk Nyata Peduli Inklusi, Kebun Raya Purwodadi Gelar Edukasi Bahasa Isyarat dan Tuli Mendongeng (Foto: Istimewa)

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

Trending di Tekno & Sains