Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Regional · 17 May 2023 21:08 WIB

Tenaga Kerja Asing Terbanyak di Kabupaten Bogor, Segini Jumlahnya


 Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Ruhiyat M. Tolib (Foto : Edwin) Perbesar

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Ruhiyat M. Tolib (Foto : Edwin)

Bogor, AQLNews.id – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Ruhiyat M. Tolib mengungkapkan saat ini orang asing yang berada di Bogor kota dan kabupaten berjumlah sekitar 500 orang.

Sementara untuk tenaga kerja asing dengan jumlah terbanyak berada di wilayah Kabupaten Bogor yang terdapat kawasan industri.

Dari jumlah tersebut tidak seluruhnya Warga Negara Asing (WNA) itu bekerja di Bogor. Terdapat klasifikasi mengenai izin tinggal atau keberadaan mereka. Diantaranya pemegang izin Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap).

“Jadi kalau orang asing yang berizin tinggal itu yang berdomisil di Bogor sampai sekarang pemegang izin tinggal pemegang KITAS dan KITAP sekitar 500 orang,” ungkap Tolib di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor Jalan A. Yani, Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/05/2023).

Dari ratusan WNA itu, lanjut Tolib, dipecah lagi mana yang berizin tinggal mana yang ekspatriat. Sebab, ekspatriat sendiri biasanya membawa serta keluarganya ke tempat dimana mereka bermukim.

“Mana yang izin tinggal mana yang ekspatriat, terus yang ikut katakanlah suaminya ekspatriat keluarganya ikut. Jadi 500 itu ga semuanya bekerja jadi ada klasifikasinya, nanti saya breakdown deh ke Kasi Izin tinggalnya,” kata Tolib.

Sementara Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kiven Semuel Manus, berpesan kepada masyarakat, pihaknya terbuka terhadap adanya aduan serta informasi tentang keberadaan orang asing yang diduga menyalahi aturan izin tinggal atau overstay.

“Silahkan diinformasikan (WNA) ke Imigrasi Bogor,” singkat Kiven.

Editor : Edwin S

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep ‘Warisan Hijau’

16 July 2024 - 13:28 WIB

HUT ke 65 Kebun Raya Bali, Usung Konsep 'Warisan Hijau'

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

16 July 2024 - 13:24 WIB

Kebun Raya Purwodadi Gelar Kelas Edukasi Tanaman Hias Kokedama, Antusias Pengunjung Meningkat

Ketinggian Capai 3 Meter Lebih, Indukan Bunga Bangkai Mekar ke Tujuh Kalinya di Kebun Raya Cibodas

26 May 2024 - 22:50 WIB

Kebun Raya Kembali Gelar Konser Musik Sunset di Kebun

13 January 2024 - 09:20 WIB

Bentuk Kepedulian, Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Berikan Donasi Bulan Dana ke PMI Kota Bogor

8 January 2024 - 17:50 WIB

THE 1O1 Bogor Suryakancana Donasikan Asupan Bergizi Bagi Penderita Stunting di Kota Bogor

28 December 2023 - 14:36 WIB

Trending di Food & Travel