Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Tekno & Sains · 6 Sep 2023 10:18 WIB

Tips Membuat Whatsapp Auto Reply untuk Bisnis Online


 Tips Membuat Whatsapp Auto Reply untuk Bisnis Online Perbesar

Cara membuat WhatsApp auto reply sebenarnya cukup mudah. Fitur ini banyak digunakan oleh pelaku usaha atau secara pribadi yang ingin membalas pesan secara cepat. Dengan demikian, Anda akan terlihat lebih profesional.

Bagi pemilik perusahaan atau toko online, fitur ini akan membantu Anda memberikan pelayanan kepada pelanggan sesegera mungkin. Selain itu, Anda juga bisa mengatur isi pesan tersebut yang akan dikirimkan. Auto reply membutuhkan aplikasi khusus atau tambahan agar pesan dapat dikirim secara otomatis.

Auto reply atau balasan otomatis pada WhatsApp Business adalah cara yang berguna untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau memberikan respons instan saat Anda tidak dapat merespons secara langsung. Berikut beberapa tips untuk mengatur auto reply yang efektif pada WhatsApp Business:

Sederhana dan Jelas: 

Pesan auto reply sebaiknya singkat, jelas, dan informatif. Sampaikan dengan tepat tujuan pesan tersebut.

Tanggapi Pertanyaan Umum: 

Identifikasi pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pelanggan Anda dan buat auto reply untuk menjawabnya. Ini dapat mencakup informasi kontak, jam operasional, atau tautan ke FAQ.

Berikan Pilihan Menu: 

Gunakan menu otomatis untuk memberikan pilihan kepada pelanggan. Misalnya, “Tekan 1 untuk pertanyaan tentang produk, Tekan 2 untuk bantuan dengan pengiriman.”

 

Tentukan Waktu yang Tepat: 

Atur auto reply untuk aktif pada waktu-waktu tertentu, terutama saat Anda sedang diluar jam kerja. Ini memberi pelanggan ekspektasi kapan mereka bisa mendapatkan respons langsung.

 

Respons Terhadap Pesan yang Penting: 

Pastikan auto reply tidak mengganggu respons terhadap pesan yang dianggap penting atau mendesak. Anda bisa mengatur pengecualian untuk pesan-pesan tertentu.

 

Berikan Informasi Kontak Darurat: 

Jika Anda tidak dapat merespons pesan dengan cepat, berikan nomor kontak darurat atau saluran komunikasi alternatif di pesan otomatis.

 

Rencanakan Pesan Tematik: 

Untuk menghadapi liburan atau peristiwa tematik tertentu, Anda bisa membuat pesan otomatis yang sesuai dengan konteksnya.

 

Gunakan Tagline Merek: 

Selalu sertakan tagline atau pernyataan merek yang mencerminkan identitas bisnis Anda dalam auto reply.

 

Jangan Terlalu Sering Mengirim Auto Reply: 

Hindari pengaturan auto reply yang mengirim pesan otomatis secara berlebihan atau terlalu sering. Ini bisa mengganggu pengalaman pelanggan.

 

Uji dan Perbarui: 

Uji efektivitas pesan auto reply Anda secara berkala dan perbarui jika diperlukan. Pertimbangkan umpan balik pelanggan dan analisis data.

Ingatlah untuk tetap mengutamakan pengalaman pelanggan saat mengatur auto reply pada WhatsApp Business Anda. Tujuannya adalah memberikan solusi yang cepat dan membantu bagi pelanggan sambil menjaga pesan-pesan tetap informatif dan relevan.

 

TENTANG MIMIN

 

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

 

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Apa Saja Manfaat Payment Gateway Pada E-commerce

20 November 2023 - 12:34 WIB

5 Manfaat Payment Gateway Untuk Meningkatkan Customer Experience

20 November 2023 - 12:17 WIB

Cara Membuat Strategi Konten Menarik dengan CRM Omnichannel

6 September 2023 - 11:58 WIB

10 Manfaat CRM Omnichannel untuk Tingkatkan Customer Experience

6 September 2023 - 11:52 WIB

10 cara WhatsApp Business API meningkatkan Kinerja Customer Service

6 September 2023 - 11:42 WIB

Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

6 September 2023 - 11:36 WIB

Trending di Tekno & Sains