Menu

Mode Gelap
Raffi Ahmad Minta Warga Bogor Selatan Pilih Ryan Sulistijo jadi Anggota DPRD Tebus Sembako Murah Rp5000, Aksi CDGM TKRPP Kota Bogor Bareng Relawan Ganjar Membludak Ganjar Canvasing Day, TKRPP Kabupaten Bogor Bareng Relawan Blusukan Ke Kampung – Kampung Yonif 751/VJS Bareng Pemuda Panca Marga Berikan Penyuluhan Bela Negara Theo Lantik LPM se Bogor Tengah, Eko Prabowo Pesan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Bisnis · 23 Aug 2023 10:00 WIB

WhatsApp Marketing: Cara baru untuk mencapai pelanggan Anda!


 WhatsApp Marketing: Cara baru untuk mencapai pelanggan Anda! Perbesar

Ketika Anda memikirkan berbagai platform messaging market untuk berbicara dan berinteraksi dengan pelanggan ideal Anda, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda?

Mungkin Facebook, dengan 2,167 miliar pengguna aktifnya. Mungkin juga Instagram, dengan 800 juta pengguna aktifnya? Bagaimana dengan Twitter, dengan 330 juta pengguna aktif, atau LinkedIn, yang memiliki 310 juta pengguna aktif? Anda mungkin juga melakukan pemasaran di sana.

Tapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda ada platform berbasis teks lain yang memiliki lebih banyak pengguna daripada Instagram dan LinkedIn? 

Namanya WhatsApp.

Meskipun pemasaran melalui surel (email) penting, dan memberikan tingkat buka pesan sekitar 30% (jika Anda melakukan campaign dengan baik), dan 30% itu sudah jauh lebih tinggi daripada yang akan Anda dapatkan secara organik di Facebook. Rata-rata pesan teks memiliki tingkat buka sekitar 98%.

Itu sebabnya mengapa chatbot juga sangat berhasil. Dan itulah yang membuat WhatsApp menjadi saluran pemasaran paling menarik di dunia!

Anda mungkin tidak pernah berpikir untuk menggunakannya sebagai saluran pemasaran karena tidak pernah ada platform yang membantu Anda mengelola akun Anda dan mulai berinteraksi dengan “followers” Anda kecuali Anda memiliki satu ponsel di mana nomer klien Anda sudah di save di kontak nomer Anda.

Saat ini adalah saatnya untuk mulai bertindak, membangun pengikut besar, dan mulai berinteraksi dengan “real followers” Anda sebelum semua kompetitor Anda mulai menyadari bahwa mereka melewatkan peluang besar ini.

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi (seluler) yang memungkinkan Anda mengirim pesan gratis kepada siapa pun yang Anda inginkan. WhatsApp diciptakan pada tahun 2009 oleh dua mantan karyawan Yahoo yang ingin membuat komunikasi gratis yang tersedia untuk semua orang. Dari sana, mereka melaju dengan cepat karena mereka adalah perusahaan tercepat yang pernah mencapai 450 juta pengguna aktif bulanan, dan akhirnya diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014 dengan nilai $19 miliar.

Selama bertahun-tahun, WhatsApp tumbuh semakin besar, dan sekarang Anda dapat menggunakannya tidak hanya untuk mengirim pesan tetapi juga untuk:

  • Gambar
  • pesan suara
  • Lokasi Anda dan berbagi lokasi ke sesama pengguna
  • video
  • dokumen

Kami sudah membahas tentang chatbot sebelumnya dan seberapa besar pangsa pasar penggunaan Facebook Messenger. Tetapi pikirkan tentang ini, jika Anda menggabungkan Facebook Messenger dan WhatsApp, secara total, mereka mencakup 79% dari keseluruhan messaging market.

 

Siapa yang menggunakan WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di banyak negara termasuk Indonesia, di mana penetrasi pengguna melebihi 50%. Salah satu alasan mengapa WhatsApp menjadi aplikasi obrolan paling populer adalah gratis. 

Sebelum ada WhatsApp mengirim pesan teks menggunakan layanan dari provider yaitu SMS (Short Message Service) dimana Anda harus membayar untuk setiap kali pesan yang dikirim . Saat WhatsApp hadir, Anda hanya perlu data internet untuk mengirim pesan. Sebagai contoh perbandingan ketika Anda sedang berada di sebuah kafe atau di kantor yang menyediakan fasilitas wifi , Anda akan membayar pesan teks untuk sekali pesan jika menggunakan SMS, tetapi Ketika Anda mengkoneksikan wifi di kafe atau kantor tersebut, Anda akan bebas mengirimkan pesan hingga ratusan kali dengan WhatsApp. 

Itulah mengapa WhatsApp menjadi aplikasi obrolan paling populer saat ini dan sangat cocok untuk menjadikan pengguna WhatsApp menjadi target potensial bisnis Anda. Namun, perlu diingat untuk memulai menggunakan WhatsApp sebagai strategi bisnis Anda, Anda tidak dapat menggunakan WhatsApp Messenger yang berupa aplikasi pesan untuk kepentingan pribadi. Yang harus Anda gunakan adalah WhatsApp for Business yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan Anda menjalin komunikasi dan terhubung dengan pelanggan Anda. 

 

Mengapa menggunakan platform WhatsApp for Business API lebih baik daripada aplikasi WhatsApp for Business standar?

WhatsApp for Business memungkinkan Anda menggabungkan pemasaran dan penjualan dalam satu platform yang efisien. Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda untuk membangun hubungan dan memberikan nilai tambahan melalui konten yang relevan dan bermanfaat. Pada saat yang sama, Anda juga dapat mengirimkan penawaran dan promosi untuk mendorong konversi dan penjualan.

Dengan menggabungkan pemasaran dan penjualan dalam satu platform, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Anda dan lebih efisien dalam mengelola komunikasi bisnis Anda.

WhatsApp for Business API mampu membuat laporan statistik pesan dengan sangat rinci, sedangkan WhatsApp for Business standar laporan statistiknya terbatas. Lalu apa saja perbedaan dari WhatsApp for Business standar dan WhatsApp for Business API. Simak perbedaannya berikut ini :

WhatsApp for Business standar

  • Aplikasi dapat diunduh di Google play atau AppStore.
  • Hanya bisa digunakan oleh satu device dan tambahan melalui browser WhatsApp Web.
  • Hanya cocok untuk bisnis skala kecil.
  • Tidak bisa mendapatkan centang hijau.

 

WhatsApp for Business API

  • Tidak dapat diunduh di Google play atau AppStore. Hanya dapat diperoleh melalui kerja sama dengan mitra resmi  Business Solution Provider (BSP) WhatsApp seperti Mimin.
  • Dirancang untuk bisnis skala menegah dan besar.
  • Dapat menggunakan automatic notifications, seperti update pengiriman, update pembayaran, konfirmasi pesanan, dan pengiriman kode OTP (One Time Password)
  • Bisa digunakan banyak perangkat sekaligus.
  • Mendapat centang hijau sebagai tanda official account.

 

Cara memulai menggunakan platform WhatsApp for Business API 

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memulai menggunakan platform WhatsApp for Business API:

Bergabunglah dengan Mimin, BSP WhatsApp Terbaik

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis Anda ke Mimin, mitra resmi WhatsApp terbaik yang ada. 

Lakukan Verifikasi pada Akun Facebook Business Manager Anda

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi pada akun Facebook Business Manager Anda. Mimin, sebagai mitra resmi WhatsApp yang andal, akan membantu Anda melalui proses verifikasi ini.

Proses verifikasi ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan terpercaya. Untuk melalui proses ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Alamat Surel Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Implementasi dan Pelatihan Penggunaan Fitur WhatsApp API

Langkah selanjutnya adalah proses implementasi. Dengan memilih Mimin sebagai mitra BSP WhatsApp Anda, Anda akan mendapatkan bantuan dalam proses implementasi yang diperlukan untuk bisnis Anda, seperti implementasi alur percakapan otomatis (chatbot), waktu operasional, penggunaan multi-agents, dan lain sebagainya. Mimin juga akan memberikan pelatihan penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

Fitur WhatsApp Business API Siap Digunakan

Kini, fitur WhatsApp API untuk bisnis Anda telah siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan Anda memahami cara penggunaannya dengan benar agar operasional bisnis semakin lancar.

WhatsApp for Business API menjadi sangat penting bagi bisnis Anda karena melalui dukungan fitur-fitur unggulannya, Anda dapat merespons pesan pelanggan dengan kecepatan 89% lebih tinggi. Dengan demikian, promosi melalui WhatsApp bisnis Anda dapat mencapai tingkat maksimal. Pelanggan Anda akan mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat, sehingga angka penjualan pun dapat melonjak pesat. Maka dari itu, strategi pemasaran dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai media komunikasi menjadi sangat strategis dalam menarik lebih banyak pelanggan.

Selain itu, dengan menggunakan WhatsApp for Business API yang resmi, Anda dapat menghindari risiko pemblokiran akun dan menjaga keamanan data perusahaan dengan baik.

Dalam menjalankan bisnis, menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan. Dengan WhatsApp for Business API resmi, Anda telah membuka pintu menuju dunia bisnis yang menakjubkan. Nikmati kemudahan dan manfaat yang ditawarkan oleh WhatsAppfor Business API resmi, dan kejutkan dunia dengan bisnis Anda.

Jadi, jangan ragu untuk melangkah maju dan menjelajahi potensi WhatsApp Business API resmi. Dapatkan akses resmi melalui Mimin dan buktikan sendiri manfaatnya. Jadikan WhatsApp for Business API sebagai alat yang kuat dalam meraih kesuksesan dan membawa bisnis Anda ke puncak kesuksesan.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Keuntungan Pembayaran Online Bagi Business to Business (B2B)

7 December 2023 - 09:20 WIB

Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online Untuk Kebutuhan Bisnis Anda

7 December 2023 - 09:12 WIB

Tren Metode Pembayaran Online di Indonesia

7 December 2023 - 09:05 WIB

Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis Anda

7 December 2023 - 08:32 WIB

Inilah Metode Pembayaran Online yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

7 December 2023 - 08:18 WIB

Payment Gateway: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

20 November 2023 - 13:18 WIB

Trending di Bisnis